Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

93% Turis Indonesia Anggap Penting Wisata Berkelanjutan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
pulau rinca di komodo
Foto: Ilustrasi (Faela Shafa/detikcom)
Jakarta -

Menurut riset, Sustainable tourism alias wisata berkelanjutan dianggap penting bagi 93% turis Indonesia. Masyarakat mulai sadar pentingnya menjaga lingkungan.

Wisata berkelanjutan mungkin masih terdengar asing di kalangan masyarakat umum. Tapi bagi kalangan traveler yang sering berpergian, wisata berkelanjutan jadi isu penting yang patut untuk diperhatikan.



Sebanyak 93% turis Indonesia merasa wisata berkelanjutan itu penting bagi mereka. Angka tersebut berdasarkan riset yang dilakukan Booking.com selama periode bulan Maret 2020.

Riset dilakukan secara independen dengan total sampel sebanyak 20,432 responden di 22 wilayah. Hasilnya, mayoritas turis Indonesia menganggap wisata berkelanjutan adalah tren positif yang penting untuk masa depan.


Sementara itu, sebanyak 72% turis Indonesia ingin mengambil opsi wisata berkelanjutan bila mereka ada kesempatan lagi untuk berwisata. Itu menunjukkan turis Indonesia sangat berkomitmen untuk mewujudkan wisata berkelanjutan di masa depan.

Meski hasil riset yang dirilis Booking.com tersebut cukup menjanjikan, tapi turis Indonesia masih harus terus diedukasi mengenai wisata berkelanjutan. Sebabnya, menurut hasil riset juga, sebanyak 37% wisatawan Indonesia tidak mengetahui bagaimana, cara atau di mana dapat menemukan opsi wisata berkelanjutan.

Sedangkan 47% turis Indonesia lainnya, menganggap pilihan wisata berkelanjutan di Indonesia cukup terbatas. Ini yang jadi PR besar untuk diselesaikan di dunia pariwisata kita.


Masih ada peluang untuk memberikan edukasi mengenai opsi pariwisata berkelanjutan kepada turis-turis Indonesia. Di sinilah diharapkan pemerintah berperan melalui edukasi dan sosialisasi yang tiada henti mengenai pariwisata berkelanjutan.

Kesadaran masyarakat yang sudah mulai tumbuh harus didukung dengan edukasi dan sosialisasi agar semakin banyak masyarakat yang paham tentang kelestarian lingkungan dan keberlanjutan dalam dunia pariwisata.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA