Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

6 Destinasi Bandung Selatan Dibuka, Ranca Upas-Glamping Lakeside

Muhammad Iqbal
detikTravel
Tempat wisata Bandung Selatan
Ranca Upas dan lima destinasi wisata Bandung Selatan dibuka (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Bandung -

Beberapa tempat wisata di Bandung Selatan sudah mulai dibuka. Inilah tahapan uji coba yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung sebelum beroperasi secara penuh.

Hanya enam wisata yang sudah diijinkan membuka oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Di mana tempat wisata tersebut sudah dilakukan pengecekan terkait kesiapan penerapan protokol kesehatan.

Enam wisata tersebut di antaranya, Glamping Lakeside, Ranca Upas, Emte Higland, Situ Patenggang, Situ Cileunca, dan Gunung Puntang. Keenam destinasi tersebut dinilai sudah siap dibuka dengan penerapan protokol kesehatan.

Pada hari ini, Ranca Upas sudah membuka wahananya setelah sebelumnya ditutup selama hampir tiga bulan. Ranca Upas menjadi salah satu yang dapat ijin membuka wisata setelah dinyatakan siap oleh Disparbud Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah, Ranca Upas telah lolos simulasi dari Disparbud kemarin. Hari ini baru kita buka," ujar Duty Manager Ranca Upas Hendri Apialawan kepada detikcom, Sabtu (13/6/2020).

Tempat wisata Bandung SelatanMobil didisinfeksi (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)

Dari pantauan detikcom, terlihat beberapa petugas sudah menanti di depan loket pembayaran. Petugas memeriksa suhu tubuh pengunjung menggunakan thermo gun. Selain itu, kendaraan yang mereka gunakan pun akan disemprotkan disinfektan.

Hendri menambahkan, pihaknya sudah membentuk sebuah gugus tugas COVID-19 khusus di Ranca Upas. Di mana petugas akan memantau kegiatan pengunjung. Apabila terjadi sesuatu, pihaknya pun sudah menyediakan sebuah pos kesehatan.

"Hari ini kami membuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Di dalam, selama uji coba ini kita sediakan satgas COVID-19 yang selalu mobile di dalam," ujar Hendri.

Kemudian apabila pengunjung tidak memakai masker, pengelola sudah menyiapkan masker yang akan diberikan secara gratis.

Tempat wisata Bandung SelatanCek suhu tubuh (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)

"Setiap pengunjung itu harus pakai masker dan apabila tidak pakai akan kita kasih secara gratis," kata Hendri.

Sementara itu, Ranca Upas sendiri akan membatasi jumlah pengunjung yang masuk ke dalam. Di mana hanya sekitar 30 hingga 50 persen dari jumlah pengunjung di hari biasa.

Kemudian pengunjung pun akan dibatasi waktu berkunjungnya. Hanya sekitar 1 hingga 4 jam. Sedangkan bagi yang akan berkemah akan dibuka selama 24 jam.

"Kalau kita total biasa dalam sehari bisa 700 sampai 800 orang. Sekarang dibatasi, paling hanya 400 orang," tambahnya.

Tempat wisata Bandung SelatanRanca Upas (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)

Saat ini Ranca Upas belum membuka semua wahana, hanya Camping Ground, Kid Zone dan Taman Uncal.

Sementara itu, salah satu pengunjung Tiara yang berasal dari Bandung mengaku tidak khawatir berkunjung ke tempat wisata Ranca Upas. Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan sudah sangat teliti dan membuat pengunjung merasa aman.

"Tidak khawatir, karena tadi di dalam dicek juga. Diceknya juga teliti sampe disemprot disinfektan ke mobilnya, terus dicek suhu. Aman lah," tuturnya.



Simak Video "Kawah Putih dan Glamping Lakeside Bersiap untuk Uji Coba Pembukaan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA