Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jun 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Magelang Pasang Kuda-kuda Sambut WIsatawan Saat New Normal

Eko Susanto
detikTravel
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso. (foto: Istimewa)
Foto: dok IstimewaKepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso. (foto: Istimewa)
Magelang -

Pengelola pariwisata di Kabupaten Magelang diimbau untuk menyiapkan SOP menuju new normal. SOP yang disiapkan tersebut menyangkut clean, health, and safety (kebersihan, kesehatan dan keamanan).

"Jadi SOP yang ada sekarang ini juga perlu ditambahkan standar clean, health and safety (kebersihan, kesehatan dan keamanan). Dengan demikian ketika memasuki fase new normal mereka sudah siap," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, kepada wartawan, Selasa (16/6/2020).

Selain prosedur operasional standar (SOP), kata Iwan, ada hal lain yang perlu disiapkan oleh pelaku maupun pengelola destinasi wisata. Yakni, membuat sarana dan prasarana yang menunjang pencegahan penularan virus Corona. Peeralatan itu antara lain thermogun, tempat mencuci tangan, hand sanitizer, face shield, dan sarung tangan.

Tapi, iwan belum bisa memastikan pembukaan tempat wisata di Magelang. Dia terus mengkajinya untuk menyambut fase new normal.

"Kita ketahui semua bahwa fase ini dapat segera dilakukan, tetapi sampai saat ini semua masih dikaji dengan cermat. Oleh karena itu daya tarik wisata belum boleh buka," katanya.

Sementara itu, Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass, Edward Alfian, mengatakan Ketep Pass menunggu anjuran pemerintah, termasuk waktu pembukaan area wisata. Sejauh ini, mereka terus mematangkan SOP untuk menyambut wisatawan dan telah melakukan simulasi di Ketep Pass.

"Kami sudah membuat SOP dan sudah melakukan simulasi secara internal. Nantinya, alur masuknya wisatawan satu pintu," ujarnya.

Pengunjung yang datang nantinya, kata dia, wajib bermasker. Kemudian setelah itu begitu akan masuk dicek suhu tubuhnya dan yang memenuhi syarat diminta untuk cuci tangan serta baru membeli tiket masuk.

"Pengunjung yang datang nantinya wajib bermasker. Kami akan cek suhu tubuhnya dan yang memenuhi syarat, kami minta cuci tangan dan baru membeli tiket masuk," ujarnya.



Simak Video "Bagaimana Penerapan Skema New Normal di KRL?"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA