Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jun 2020 17:32 WIB

TRAVEL NEWS

Singapura Buka Perbatasan Lagi

Bonauli
detikTravel
Transit area di Bandara Changi
Bandara Changi (Changi Airport Group)
Singapura -

Singapura membuka pintu untuk traveler mulai Rabu (17/6/2020). Ada perbedaan syarat yang harus dipenuhi oleh turis dari negara tertentu.

Dikutip detikcom dari situs resmi pemerintah Singapura, pembukaan kembali perjalanan internasional dilakukan melalui pertimbangan pemahaman virus Corona saat ini serta perkembangan negara dan wilayah lain.

"Tidak perlu lagi Stay Home Notice (SHN) atau karantina selama 14 hari di tempat khusus untuk wisatawan dari beberapa negara," tulis pemerintah Singapura.

Negara-negara yang akan mulai bebas masuk tanpa harus karantina di fasilitas khusus SHN adalah mereka yang datang dari Australia, Brunei Darussalam, Hong Kong, Jepang, Makau, China, Selandia Baru, Republik Korea, Taiwan dan Vietnam. "Warga Singapura dan residen permanen bisa melakukan SHN di kediamannya," tulis situs tersebut.

Traveler di luar dari negara-negara itu haruslah melaksanakan SHN di fasilitas khusus yang disiapkan pemerintah Singapura, termasuk Indonesia. Bahkan, pemegang Long Term Pass Singapura dari negara yang tak masuk daftar tetap harus melakukan SHN.

Meskipun traveler dari beberapa negara sudah diterima tanpa karantina, namun tes COVID-19 tetap akan diberikan untuk semua wisatawan. Semua biaya tes COVID-19 akan ditanggung oleh wisatawan. Jika hasilnya positif, traveler harus dikarantina di fasilitas SHN khusus.

Setelah 14 hari karantina, traveler akan kembali dijadwalkan untuk tes COVID-19 di fasilitas pengujian yang ditunjuk. Traveler akan mendapatkan alamat fasilitas pengujian lewat SMS.

Biaya tes COVID-19 adalah USD 200 atau sekitar Rp 2,8 juta per orang. Menginap selama 14 hari dengan fasilitas SHN pun dibebankan kepada wisatawan dengan biaya USD 2000 atau Rp 28 juta.

Kendati telah membuka pintu untuk warga negara asing, namun Singapura belum mengizinkan kunjungan jangka pendek, kecuali dalam pengaturan green/fast lane atau dengan persetujuan khusus.

***

Ralat: Artikel ini telah mengalami perubahan judul. Sebelumnya disebutkan 'Singapura Buka Gerbang untuk Turis Mulai Besok' yang kemudian diperbaiki menjadi 'Singapura Buka Perbatasan Lagi'



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA