Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jun 2020 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

5 Tempat Wisata Bandung yang Buka Saat Ini

Wisma Putra
detikTravel
Orchid Forest Lembang, Bandung
Orchid Forest Cikole (Syanti/detikTravel)

4. Wisata Kabupaten Bandung Barat

Hampir seluruh obyek wisata di Kabupaten Bandung Barat sudah dibuka, meski demikian pembukaannya dilakukan secara bertahap dari mulai jam operasional hingga jumlah kunjungan belum normal seperti sebelum pandemi COVID-19 ini terjadi.

Obyek wisata di Bandung Barat yang sudah buka di antaranya, Farmhouse, Floating Market, The great Asia Africa, TWA Gunung Tangkuban Parahu, The Ranch, The Lodge, Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang Park Zoo, Sanghyang Kenit, Sahyang Heuleut, Taman Bunga Begonia, Curug Pelangi dan Curug Layung.

Ada juga, Dusun Bambu, Cikole Jaya Giri Resort, Maribaya Natural Hot Spring Resort, Orchid Forest, Fairy Garden, Curug Tilu Lewi Opat, Ciwangun Indah Camp, Situ Ciburuy, Stone Garden, Pesona Tebing Masigit, Sanghyang Poek, Curug Sawer dan Curug Malela.

Pembukaan obyek wisata di Kabupaten Bandung Barat dilakukan setelah PSBB usai. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB David Oot, obyek wisata alam dulu yang dibuka.

"Kalau dibuka mungkin bertahap karena ada fase-fasenya, untuk awal ini beberapa destinasi wisata dulu jadi tidak langsung semua. Seperti hiburan dan spa tidak dibuka dulu, mungkin wisata alam yang diutamakan," katanya, Kamis 25 Mei lalu.

Saat dibuka, pengelola pun wajib menerapkan protokol kesehatan saat menerima kunjungan wisatawan yang dituangkan dalam perjanjian hitam di atas putih.

"Kita bikin lembar perjanjiannya, misalnya wisatawan yang tidak memakai masker tidak boleh masuk, wajib menyediakan hand sanitizer, thermal gun, dan membatasi pengunjung. Kalau untuk hotel, setelah tamu check out, langsung disterilisasi dan dikosongkan 4 jam, baru boleh terima tamu lagi, kalau melanggar nanti bisa kita tutup lagi," katanya.

Pihaknya berharap dengan pembukaan wisata saat era new normal nanti bisa menjadi recovery ekonomi bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 lantaran menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata.

"Otomatis harus jadi recovery ekonomi, karena nanti masyarakat bisa berjualan lagi. Tapi kita juga tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan saat wisata dibuka," jelasnya.

5. Wisata Kabupaten Sumedang

Obyek wisata di Kabupaten Sumedang pun sudah dibuka, di antaranya Puncak Damar Jatigede, Curug Sindulang, Cihonje, Tahura Gunung Kunci, Curug Ciputrawangi, Curug Girobog, Danau Biru Situ Ciembang dan lainnya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan, pembukaan objek mendapat perhatian khusus. Pihaknya akan melakukan kajian secara matang agar pembukaan objek wisata tidak menyebabkan kasus Corona di Sumedang kembali bertambah.

"Rencana kami, objek wisata juga dimulai (buka) pada 9 Juni. Cuman akan ada kajian secara khusus. Nanti akan dilanjutkan dengan pembukaan Alun-alun pada 21 Juni," kata Dony di Sumedang, Senin 8 Juni.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Hari Trisantoso mengaku telah membentuk tim khusus untuk memantau setiap objek pariwisata yang kembali beroperasi di tengah pandemi Corona. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan polisi dalam melakukan pemantauan.

Hari menyebutkan, ada tim pengawas dan Satgas COVID-19 yang bertugas untuk melarang pengunjung masuk jika kondisi objek wisata tersebut sudah penuh. Sebab teknis pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen.

"Kalau ada pengunjung yang bergerombol akan diingatkan untuk jaga jarak dan nanti tim juga harus bisa menghitung kapasitas, kalau sudah penuh harus disetop," ucap Hari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA