Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Jun 2020 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kebun Binatang di Banjarnegara Buka Donasi untuk Pakan Satwa

Uje Hartono
detikTravel
Taman rekreasi margasatwa Serulingmas Banjarnegara
Singa di Taman rekreasi margasatwa Serulingmas Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Taman rekreasi margasatwa Serulingmas (TRMS) Banjarnegara sudah tutup sejak 18 Maret lalu akibat pandemi COVID-19. Kebun binatang ini pun tidak ada pemasukan, salah satunya dari penjualan tiket pengunjung.

Kondisi ini membuat pengelola mulai khawatir terkait kebutuhan pakan satwa. Sebab meski sudah tutup sejak tiga bulan lalu, biaya operasional seperti kebersihan dan pakan satwa terus berjalan setiap harinya. Untuk itu, kini pihak pengelola mulai membuka donasi untuk memenuhi kebutuhan satwa.

"Setelah dilakukan rapat dengan berbagai pihak, tidak ada salahnya Serulingmas open donasi untuk membantu pakan satwa. Open donasi ini sudah dimulai sejak tiga hari lalu," kata Direktur TRMS Banjarnegara Lulut Yekti Adi saat dihubungi detikTravel, Jumat (19/6/2020).

Taman rekreasi margasatwa Serulingmas BanjarnegaraOrangutan di Taman rekreasi margasatwa Serulingmas Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Untuk memenuhi kebutuhan pakan satwa saat ini, pihak pengelola terpaksa harus mengorbankan kebutuhan lain. Seperti biaya operasional, baik perawatan, kebersihan dan karyawan.

"Jadi memang ada keterbatasan, saat ini untuk memenuhi kebutuhan pakan satwa harus mengorbankan yang lain. Karyawan, biaya operasional, air, listrik dan yang lainnya juga," ujarnya.

Lulut mengatakan, sejak dibuka tiga hari lalu sumbangan untuk pakan satwa kebun binatang Serulingmas terus mengalir. Baik dari perusahaan, komunitas hingga per individu.

"Sampai sekarang sudah terkumpul sekitar Rp 30 juta sampai Rp 40 juta. Itu berasal dari berbagai macam kalangan. Dari perusahaan, komunitas, induvidu. Ada yang Rp 10 ribu ada juga sampai Rp 2 juta," dia menjelaskan.

Adapun kebutuhan pakan satwa di TRMS Banjarnegara ini mencapai Rp 100 juta setiap bulannya. Saat ini, ada sejumlah 157 satwa yang perlu diberi makan dengan dari 45 jenis.

"Kalau kebutuhan pakan itungannya per bulan. Itu sampai Rp 100 juta. Untuk karnivora di sini ada 4 harimau, 2 singa, buaya besar 3 dan buaya kecil ada beberapa. Dan ada juga burung pemakan daging seperti elang. Untuk harimau aja satu hari biasanya 6 kilogram daging," dia menerangkan.



Simak Video "Anti Mainstream! Berpetualang di Bunbin Banjarnegara Saat Malam Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA