Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 16:52 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Telat! Ini Momen Tepat Kenalkan 5 Destinasi Superprioritas RI

Femi Diah
detikTravel
Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

CEO Atourin, Benarivo Triadi Putra, berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) lebih agresif mempromosikan lima destinasi superprioritas kendati virus Corona sedang mewabah. Caranya, lewat tur virtual.

Atourin, startup untuk wisata dan pemandu wisata, bergerak cepat mengajak pramuwisata untuk membuka tur virtual. Mereka membuka pelatihan gratis dan terbuka kepada pemandu wisata yang tersebar di Indonesia.

Respons positif pemandu wisata di berbagai wilayah Indonesia itu menjadi rujukan bahwa wisata tak mati begitu saja saat wabah Corona. Justru, imbauan untuk di rumah saja membuat traveler mencari cara lain untuk menuntaskan rindu untuk bepergian, bahkan ke tempat yang sudah pernah disinggahi.

Berkaca situasi itu, Rivo, sapaan karib Benarivo Triadi Putra, meminta Kemenparekraf untuk bergerak cepat mempromosikan lima destinasi superprioritas Indonesia; Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

"Seharusnya ini menjadi momentum bagi Kemenparekraf untuk mempromosikan lima destinasi superprioritas itu ke mata dunia, juga wisatawan lokal. Caranya, dengan tur virtual," kata Rivo dalam obrolan dengan detikTravel.

"Saya yakin Kemenparekraf memiliki modal cukup berupa video, landscape pemandangan, budaya, dokumenter untuk mengenalkan lima destinasi wisata itu. Saya yakin itu laku banget," ujar alumni Teknik Informatika Universitas Padjadjaran berusia 25 tahun itu.

"Di sisi lain, itu menjadi peluang bagi pemandu wisata lokal untuk bisa mendapatkan penghasilan. Saat ini memang cuma wisata virtual yang hidup, jangan telat start. Ini momennya," ujar Rivo.



Simak Video "Keliling Kota Jakarta Lewat Tur Virtual JGG"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT