Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Jun 2020 16:00 WIB

TRAVEL NEWS

Bukannya Joget Bareng, Ondel-ondel ini Malah Tawuran

Femi Diah
detikTravel
perajin ondel-ondel
Ondel-ondel (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Video sejumlah ondel-ondel tawuran menjadi perbincangan warganet di media sosial. Aksi itu dinilai telah menodai kebudayaan Betawi, tragisnya sehari kemudian DKI Jakarta merayakan ulang tahun.

Ondel-ondel, yang muncul pertama kali tahun 1605 dan menjadi boneka khas DKI Jakarta sejak dipimpin Gubernur Ali Sadikin 1966 hingga 1977, malah tawuran di jalanan, Aksi itu direkam dan videonya diunggah @jadetabek.info pada Minggu (21/6/2020) atau H-1 HUT DKI Jakarta.

Video itu diberi judul Persaingan berujung keributan. Keterangan berikutnya menyebut keributan itu terjadi karena saling ejek antarkelompok ondel-ondel yang diduga asal Depok dan Kelompok ondel-ondel asal Ciledug.

[Gambas:Instagram]





Keributan itu terjadi pagi tadi di Puribeta 1, Tangerang, Minggu 21 Juni 2020 sekitar pukul 09.30 WIB. Menurut keterangan warga di lokasi kejadian, awalnya kedua kelompok tersebut sedang beratraksi namun tiba-tiba saja terjadi keributan hingga aksi pemukulan kepada salah satu anggota pengamen.

Aksi kedua kelompok tersebut sempat membahayakan pengguna jalan yang melintas serta anak-anak kecil yang sedang bermain.

Namun tidak lama kemudian, petugas keamanan setempat segera melerai keributan tersebut dan membubarkannya.

Video itu ditonton 20 ribuan pemilik akun Instagram. Komenarnya juga cukup gaduh.

@anggara_***: saat kebudayaan Bewati disalahgunakan

@edhiwig***: Terlalu banyak persaingan jadi ketat... Bukannya bikin keren adat betawi malah jadi mengganggu ketertiban

@andi_badu***: Malu maluin budaya betawi aja lw,,,lagian sebenernya kaga Boleh tuh ondel ondel buat ngamen...

@heriiinsani: Malah merusak citra adat betawi aja

Fungsi ondel-ondel sebagai alat untuk mengamen memang telah jauh bergeser dari tujuan awal dibuat. Awalnya, ondel-ondel yang dikenal sebagai Barongan, itu dibuat sebagai boneka penolak bala atau kesialan. Dalam prosesnya, ondel-ondel menjadi simbol kebudayaan hingga resmi menjadi boneka khas DKI Jakarta saat kepemimpinan Ali Sadikin.


Kini, ondel-ondel turun ke jalan sebagai pengamen. Kondisi itu menjadi pro dan kontra karena dianggap hal yang tidak patut karena ondel-ondel merupakan ikon megah Betawi.

Tapi, bagi perajin ondel-ondel, lahan baru ondel-ondel sebagai pengamen dianggap sebagai solusi tetap bertahan hidup, baik secara materi ataupun cara agar dikenal generasi terkini.



Simak Video "Pembuat Kesenian Ondel-ondel, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA