Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

BKB Tunggu Rekomendasi Satgas COVID-19 untuk Buka Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Candi Borobudur
Candi Borobudur. (Foto: dok. Kemenparekraf)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
Jawa Tengah -

Balai Konservasi Borobudur (BKB), menunggu surat resmi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magelang.

Surat tersebut nantinya akan disampaikan kepada Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai dasar untuk membuka kembali kunjungan wisatawan di zona 1 atau naik Candi Borobudur.

Semenjak adanya pandemi COVID-19, BKB melakukan penutupan sementara kunjungan wisatawan Candi Borobudur di zona 1 atau batas pagar atas. Dalam artian, kunjungan naik menuju Candi Borobudur ditutup sementara terhitung sejak 30 Maret 2020, lalu.

Bahkan hingga sekarang, Candi Borobudur belum dibuka kembali. Kemudian, untuk membuka kembali, Balai Konservasi Borobudur, menunggu surat resmi dari Gugus Tugas yang menyatakan aman dan mengizinkan dibuka kembali.

"Kami sesuai instruksi Pak Dirjen, Candi Borobudur akan dibuka jika ada rekomendasi dari Ketua Satgas Gugus Tugas, itu Pak Bupati atau Pak Gubernur (Ganjar Pranowo)," kata Kepala Seksi Konservasi Borobudur, BKB saat ditemui di sela-sela membersihkan abu vulkanik dari Gunung Merapi di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Senin (22/6/2020).

Kepala Seksi Konservasi, Balai Konservasi Borobudur, Yudi SuhartonoKepala Seksi Konservasi, Balai Konservasi Borobudur, Yudi Suhartono. Foto: Eko Susanto/detikcom

Nantinya, setelah BKB menerima surat dari Gugus Tugas baik provinsi maupun kabupaten, kemudian surat akan disampaikan kepada Dirjen Kebudayaan di Jakarta. Nantinya, Dirjen Kebudayaan akan kembali mengirimkan surat kepada BKB.

"Kalau mereka (gugas tugas) mengasih saran tertulis bahwa dibuka, kita akan kirimkan ke Jakarta. Nanti Jakarta akan mengirim surat kepada kita. Itu sesuai instruksi Pak Dirjen Kebudayaan bahwa Candi Borobudur dibuka setelah ada surat resmi dari Gugus Tugas," katanya.

Menurut Yudi, sebelum dibuka kembali, nantinya akan dilangsungkan simulasi terlebih dahulu di Candi Borobudur. Surat resmi dari Gugus Tugas tersebut, katanya, sangat penting sekali.

"Penting sudah ada itu resmi," tutur Yudi.



Simak Video "Usai Erupsi Merapi, Balai Konservasi Turun Bersihkan Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
BERITA TERKAIT
BACA JUGA