Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jun 2020 18:14 WIB

TRAVEL NEWS

Curhat Mantan Karyawan Kolam Renang yang Viral Jadi Kolam Lele

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pandemi COVID-19 membuat sejumlah usaha di Indonesia tak bisa beroperasi. Renang Fun Park Water Adventure di Bogor pun beralihfungi menjadi kolam ikan lele.
Kolam renang yang beralih fungsi jadi ternak lele Foto: (Rengga Sancaya/detikcom)
Bogor -

Tutupnya salah satu kolam renang di Bojong Kulur, Bogor berdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) para karyawannya. Begini cerita salah satu karyawan di kolam renang lele yang viral itu.

Salah satu karyawan yang telah bekerja selama 20 tahun sebagai life guard di kolam renang Fun Park Vila Nusa Indah, Anan Sumarna merasakan dampak akibat tutupnya kolam renang karena Pandemi Corona. Ternyata sebelumnya, kolam renang ini pun sempat tutup karena banjir.

"Mungkin agak berat juga, ketika kita menghadapi banjir itu kan tanggal 1 Januari kita memang banjir luar biasa, yang tadinya nggak pernah sampai area kolam sampe luber kolamnya, sampai kita juga kerja luar biasa siang malam buat menjernihkan lagi kolamnya," tutur Anan.

Para karyawan bekerja keras untuk membuat kolam renang kembali bersih dan akhirnya bisa dibuka. Namun ternyata, di bulan Maret pandemi COVID membuat kolam renang ini ditutup kembali.

"Sampai akhirnya kembali berhasil kita, akhirnya kita bisa buka lagi seperti biasa. pengunjung juga sudah mulai ramai lagi. nggak lama, selang sebulan, COVID," tambahnya.

Sesuai dengan anjuran pemerintah, untuk mengurangi kerumunan wisatawan, akhirnya kolam renang di Bogor ini terpaksa ditutup. Semua karyawan di PHK karena perusahaan tidak ada pemasukan.

"Kantor pun sudah tidak ada pemasukan dong 3 bulan ke depan itu sudah tidak ada pemasukan, karena kan akhirnya pusat memutuskan kami dirumahkan akhirnya, artinya dirumahkan itu ya kami diselesaikan dikasih pesangon juga Alhamdulillah," tambah Anan.

Setelah di-PHK, lima orang karyawan pun mencetuskan ide untuk sementara memanfaatkan kolam renang yang tutup menjadi tempat ternak lele. Hal ini dibicarakan Anan dan 4 temannya dan disetujui oleh pemilik kolam renang.

"Ya kita sih abis kena PHK nongkrong-nongkrong ama temen-temen tercetus aja spontan gitu gimana kalau selama COVID ini kita coba tanemin lele gitu minta izin sama bos, sama bos diizinkan akhirnya ya ide itu tertuang gitu," tutur Anan.

Anan mengaku, pemanfaatan kolam renang menjadi kolam lele ini belum diketahui sampai kapan. Sekarang pun belum ada hasil dari ternak lele yang yang dia kelola bersama teman-temannya.

"Belum tau ya, kalau untuk ke depannya nggak tahu, Ini juga sifatnya sementara. Kami sebenarnya pemanfaatan lahan aja karena Covid ini kan kita sampai kapan nggak tahu. Jadi, kita hanya memanfaatkan lahan sementara bukan kita ternak bukan untuk ke depan," tambah Anan.

Setelah alami PHK, Anan bersyukur bisa memanfaatkan uang pesangon yang dia miliki. Ke depannya, Anan berharap kolam renang bisa berfungsi kembali seperti sedia kala.

"Untuk saat ini, kami dengan adanya covid ini ya bertahan hidup aja dari mana aja. Kebetulan saya masih memegang uang pesangon jadi ya ada sedikit lah untuk penyemangat hidup kita," tambahnya.



Simak Video "Kolam Renang yang Viral Jadi Ternak Lele Sempat Berjaya di Masanya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA