Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sambut New Normal, Museum Radya Pustaka Solo Dibersihkan

Kartika Bagus
detikTravel
Bersih-bersih Museum Radyapustaka
Foto: Bersih-bersih Museum Radya Pustaka (Tandur Rimoro/detikcom)
Solo -

Untuk menyambut New Normal pariwisata, salah satu obyek wisata di Solo yaitu Museum Radya Pustaka dibersihkan. Sebagai wujud kecintaan terhadap kebudayaan yang ada di kota Solo dan keprihatinan terhadap efek pandemi Covid 19 yang membuat pariwisata di Kota Solo mati suri.


Sebanyak 10 orang karyawan sebuah hotel di Solo melakukan kerja bakti membersihkan Museum Radya Pustaka yang berada di Komplek Sriwedari, Solo.

"Ini sebagai wujud bukti bahwa cinta pariwisata cinta kebudayaan yang ada di kota Solo. Siapa lagi yang merawat budaya termasuk museum kalau bukan kita sendiri," tutur Alloysius Adhitya, Markom & Art design sebuah hotel di Solo.

Bersih-bersih Museum RadyapustakaBersih-bersih Museum Radyapustaka Foto: Tandur Rimoro/detikcom



Menurut Alloysius, kebersihan museum adalah menjadi tanggung jawab dari teman teman perhotelan. Karena dapat membangkitkan nilai pariwisata. Wisata tidak hanya yang wujudnya alam atau keindahan kota saja tetapi museum juga merupakan sebuah wisata budaya yang wajib dipelihara.

"Kita sebagai masyarakat kota Solo khususnya teman teman yang bekerja di bidang perhotelan dan pariwisata seharusnya ikut turut andil menjaga warisan budaya termasuk museum dan barang barang peninggalan sejarah," ungkapnya.

Dengan museum yang bersih dan indah dirinya berharap dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke museum. Karena Museum Radya Pustaka adalah salah satu museum yang ada puluhan tahun di kota Solo.

Bersih-bersih Museum RadyapustakaBersih-bersih Museum Radyapustaka Foto: Tandur Rimoro/detikcom



Sementara Tatok Kasmiran, mewakili UPT Museum Dinas Kebudayaan Kota Surakarta menyambut baik aksi tersebut.

"Kita menyambut dengan baik kegiatan teman-teman dari Hotel yang peduli terhadap museum dengan mengadakan kegiatan Bersih-bersih Museum Radya Pustaka," jelasnya.


Tetap mematuhi protokol kesehatan para pekerja hotel ini cuci tangan dan dicek suhu tubuhnya oleh petugas museum. Menurut Tatok menjelaskan bahwa koleksi museum sudah dilakukan pembersihan dan rutin penyemprotan disinfektan.

"Para pekerja hotel membersihkan benda-benda yang ada di dalam ruang pamer kaca dan membersihkan yang di luar kaca saja," tambahnya.

Akhirnya teman-teman pekerja hotel melaksanakan bersih-bersih dengan diawasi dan diarahkan oleh petugas Museum Radya Pustaka.



Simak Video "Segera Dibuka, Taman Satwa Taru Jurug Siapkan Protokol New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA