Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

BKKPN Kupang: Penyu di Rote Biasa Bertelur Siang Hari

Bonauli
detikTravel
Penyu Lekang di Rote
Penyu lekang di rote (dok BKKPN/Ikram Sangaji)
Rote -

Seekor penyu di Rote jadi viral karena bertelur siang hari. Hal ini dinyatakan sebagai hal yang biasa terjadi. Penyu tersebut bertelur di Pantai Sosadale, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Peristiwa langka ini terjadi pada Rabu (17/06) pukul 10.00 WITA.

Pantai Sosadale sendiri masuk dalam wilayah Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu. Laut Sawu sendiri adalah salah satu daerah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia yang berbatasan langsung dengan pesisir barat Timor Leste.


Menjawab kejadian langka ini, detikcom bertanya langsung pada Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Ikram M Sangadji.

"Memang biasanya penyu bertelur sore menjelang malam. Tapi untuk lokasi tersebut (Laut Sawu) bisa pagi atau siang," ujarnya.

Penyu Lekang di RotePenyu Lekang di Rote Foto: (dok BKKPN/Ikram Sangaji)



Ikram juga menyatakan bahwa penyu yang bertelur siang hari sebenarnya sudah sering ditemukan. Hal ini dikaitkan dengan jumlah populasi yang banyak.

"Banyaknya populasi penyu juga didukung oleh kondisi perairan di mana penyu dewasa memiliki makanan dan habitat untuk kehidupannya," jelas Ikram.

Ada 7 jenis penyu di dunia ini, dan 6 di antaranya sering muncul di Laut Sawu. Menurut Ikram, 2 jenis yang paling sering ditemukan adalah penyu lekang dan sisik.

Masuk ke dalam wilayah taman nasional, Laut Sawu juga jadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Namun khusus untuk area konservasi, BKKPN membuat demplot khusus penyu.

Penyu Lekang di RotePenyu Lekang di Rote Foto: (dok BKKPN/Ikram Sangaji)



"Demplot jadi area perlindungan telur penyu sampai menetas," ungkapnya.

Seperti halnya tempat-tempat wisata lain yang mulai dikunjungi kembali oleh satwa karena berkurangnya aktivitas wisata, penyu lekang yang bertelur siang hari pun dikaitkan dengan pandemi. Namun Ikram membantah hal tersebut.

"Gak kok, normal aja. Karena sepanjang tahun penyu dewasa akan naik bertelur. Setiap tahunnya antara 25-20 ekor penyu naik ke pantai untuk bertelur," tambahnya.

Ikram menambahkan bahwa biasanya mereka akan naik saat mulai pasang untuk bertelur dan akan kembali ke laut. Lama proses bertelur bisa sampai jam.

Proses bertelur juga sangat berkaitan dengan pergerakan pasang surut laut. Penyu akan mulai naik ke pantai dari laut mulai pasang hingga pasang tertinggi.

"Dari hasil monitoring selama 5 tahun terakhir memang menunjukkan bahwa penyu rutin bertelur di wilayah Pantai Sosadale setiap tahunnya dengan puncak waktu bertelur pada bulan Juli dan Agustus," pungkasnya.



Simak Video "Pelepasan Penyu ke Laut Bebas, Kuta"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA