Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jun 2020 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Lebih Dekat dengan Ulat, Bikin Geli atau Gemas?

Syanti Mustika
detikTravel
foto kaki ulat bulu
Ulat (dok Bored Panda)
Jakarta -

Apa reaksi kamu saat bertemu dengan ulat yang hinggap di baju? Berteriak dan refleks mengibaskan baju karena geli? Atau malah mengambilnya dengan lembut dan menatapnya lamat-lamat?

Namun pernah nggak terlintas di kepala kamu bahwa sejatinya jika diperhatikan ulat adalah makhluk yang menarik? Terutama ulat daun yang berwarna hijau terang dengan bintil-bintil hitamnya. Juga ada ulat bulu yang bila terkena kulit, kita akan menjadi gatal. Juga ada ulat yang akhirnya berubah menjadi kupu-kupu, dan lainnya.



Namun pernah kamu membayangkan kaki ulat atau serangga seperti apa? Berapa jumlahnya? Bentuk dan warnanya seperti apa?

foto kaki ulat buluFoto kaki ulat bulu Foto: (dok Bored Panda)

Dilansir dari Bored Panda, Craig Macadam dari badan amal Buglifr di Inggris mengungkapkan bahwa ulat memiliki 2 jenis kaki yang berbeda.

"Ulat memiliki 3 pasang kaki tersegmentasi di bagian depan serangga. Kaki-kaki ini memiliki bagian utama yang terpisah yaitu paha, tibia dan tarsi. Dan di ujung kakinya terdapat cakar kecil. Cakar ini yang mereka gunakan untuk menahan batang pohon atau daun tempat mereka bertengger," kata Craig.

Craig juga menambahkan bahwa ulat juga punya 5 pasang proleg atau kaki palsu. Ini semacam tunggul berdaging yang memiliki serangkaian kait mikropis yang digunakan ulat untuk menempel dan memanjat.



Juga ada info menarik yang diulas Craig, bahwa tidak semua ulat dengan warna tertentu beracun. Biasanya warna kuning, hitam atau merah mengidentifikasi serangga itu beracun atau berbahaya. Namun terkadang beberapa serangga meniru pola ini untuk melindungi diri atau berkamuflase dari musuhnya.

foto kaki ulat buluFoto: (dok Bored Panda)


Mari kita mengulik sedikit tentang ulat bulu. Craig mengungkapkan bahwa ulat bulu bisa mengonsumsi makanan 27 ribu kali ukuran tubuh mereka selama mereka hidup. Serta mereka bisa berganti kulit hingga 6 kali sebelum menjadi kepompong. Beberapa ulat bahkan punya 4.000 jaringan otot di dalam tubuhnya.

Mengenai jumlah kaki, setiap ulat berbeda-beda, tergantung ulatnya seperti apa. Bahkan ada beberapa spesies ulat yang tidak punya kaki.

Tim Insect Lore Europe juga mengatakan bahwa ulat memiliki kaki palsu di bagian belakang tubuh mereka. Kaki palsu ini digunakan untuk menggenggam dan menahan tubuh mereka.

Bagaimana, sudah terjawab penasaran traveler tentang kaki ulat?





Simak Video "Gagal Juara Liga Europa, Conte Siap Tinggalkan Inter"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA