Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jun 2020 09:37 WIB

TRAVEL NEWS

Check Point di Tol Jakarta-Bandung Ditiadakan, Kendaraan Pelat B Bebas Masuk

Putu Intan
detikTravel
check point bandung
Foto: (Putu Intan/detikcom)
Bandung -

Check point atau titik pemeriksaan pencegahan penularan virus Corona sudah tidak ada lagi baik di Tol Japek maupun Tol Purbaleunyi yang mengarah ke Bandung.

Dari pantauan detikcom, Senin (29/6/2020) pagi, ruas tol menuju Bandung masih lengang di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini. Ruas tol itu didominasi kendaraan berpelat B. Kendaraan, baik truk, bus antarkota, mobil pribadi, maupun mobil berpelat merah bebas masuk tol seiring sudah ditiadakannya check point di jalur tersebut.

Sebelumnya pada masa PSBB, kendaraan asal Jakarta yang menuju sejumlah kota di Jawa Barat melalui tol akan diperiksa secara ketat. Pemeriksaan itu mencakup kelengkapan dokumen termasuk SIKM, cek suhu tubuh dan jumlah penumpang, serta penggunaan masker.

Check point di tol keluar Jakarta itu sebelumnya berada di Tol Jakarta-Cikampek kilometer 47 dan di Tol Tangerang-Banten di Cikupa.

Pemerintah pusat memang sudah mencabut larangan mudik atau bepergian antar kota sejak 7 Juni 2020. Sebagai gantinya, di masa transisi ini Gugus Tugas mengeluarkan Surat Edaran No 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19.

Selain itu ada pula Permenhub PM No 41 Tahun 2020 yang salah satu poinnya menambah kapasitas penumpang kendaraan menjadi 70 persen dari sebelumnya 50 persen.

Di sisi lain untuk Jakarta, Gubernur Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang PSBB sampai akhir Juni. Ia mengeluarkan Pergub DKI No 47 Tahun 2020 Pembatasan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta. Melalui aturan itu, pemeriksaan orang dari dan menuju Jakarta masih dilakukan di 36 ruas jalan, terminal, stasiun kereta api, bandara dan pelabuhan.

Bandung telah membuka sejumlah destinasi wisata alam yang kemudian disusul destinasi wisata air mulai Sabtu (27/6).



Simak Video "Dongkrak Ekonomi, Kota Bandung Gelar 'Pasar Kreatif Bandung 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA