Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 06:18 WIB

TRAVEL NEWS

Jip Wisata Merapi Beroperasi Lagi Mulai 1 Juli

Jauh Hari Wawan S
detikTravel
Tim dari Pemkab Sleman sisir ulang jalur jip wisata lava tour Gunung Merapi, Sleman, Senin (2/7/2018).
Ilustrasi wisata jip lereng Merapi kembali beroperasi mulai 1 Juli. (Ristu Hanafi/detikcom)
Yogyakarta -

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) sisi barat, Dardiri, memastikan jip wisata siap beroperasi pada 1 Juli 2020. Total ada 29 komunitas dari AJWLM Sisi Barat yang siap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Jip wisata Merapi di Yogyakarta itu turut mati suri saat virus corona mewabah. Dalam prosesnya, kendati pandemi COVID-19 belum usai, jip wisata Merapi akan kembali dijalankan dengan syarat diterapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan untuk menyambut new normal pariwisata itu untuk jip wisata Merapi itu berlaku bagi pengunjung dan seluruh personel jip wisata ini.

"Paling utama adalah menerapkan protokol kesehatan kepada wisatawan maupun personelnya. Paling penting saat new normal ini harus memahami tentang penularan dari COVID-19. Sudah tutup 3,5 bulan, rencana buka 1 Juli besok," kata Dardiri saat dihubungi wartawan, Selasa (30/6/2020).

AJWLM sendiri telah menyusun standar operasional prosedur (SOP). Ketentuan ini berjalan seiring dengan SOP milik pemerintah. Kaitannya adalah kesiapan diri sebelum membuka layanan bagi wisatawan. Aturan ini berlaku kepada 29 komunitas jip wisata.

"Kami buat SOP untuk 29 komunitas. Pengawasan internal juga berlangsung harian. Melibatkan tim pengawas yang memantau seluruh kantor milik komunitas. Berlangsung pula pengawasan di setiap rute perlintasan jip wisata di kawasan Kaliurang maupun Cangkringan," dia menerangkan.

Dardiri juga meminta kepada masing-masing basecamp wajib menyediakan tempat cuci tangan. Juga, ruang khusus untuk wisatawan yang suhu badannya tinggi.

"Masing-masing basecamp wajib ada tempat cuci tangan. Ada ruang isolasi kalau ada wisatawan yang suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius. Satu jip diisi maksimal diisi tiga wistawan, dua di belakang dan satu depan," dia membeberkan.

Tercatat ada 880 kendaraan wisata yang tergabung dalam AJWLM. Nantinya setiap armada yang beroperasi akan diawasi ketat dan diterapkan sanksi jika ditemukan pelanggaran.

"Nanti ada pengawas yang keliling di basecamp. Kalau salah, kami berhak hentikan operasional. Sanksi itu atas keputusan bersama. Sehingga kami ajak agar semua operator berkomitmen dan konsisten menjalankan aturan," ujarnya.

Dardiri menjelaskan ada kemungkinan membuka rute baru jip wisata Merapi di Yogyakarta itu. Rute itu akan menghindari perkampungan guna meminimalisir kontak dengan masyarakat.

"Rute juga berubah menyesuaikan agar tak ada konflik dengan warga. Kami paham, disamping itu beberapa daerah juga masih ditutup," kata dia.



Simak Video "VW Cabrio Borobudur Lakukan Simulasi Trip Wisata Sambut New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA