Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 15:27 WIB

TRAVEL NEWS

Heboh Sampah Plastik Diduga Milik Orang Indonesia di Jepang

mas kasan
Foto: Tangkap Layar TikTok @hassanhans
Jakarta -

Warganet heboh merespons unggahan video di Tiktok dugaan orang Indonesia membuang sampah plastik di Jepang. Sebabnya, plastik kemasan itu produk makanan Indonesia.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @hassanhans akhir pekan lalu. Dia meminta ada yang mengakui kelakuan itu.

"Beberapa hari ke Jepang, belum pernah aku menemui sampah. Sekalinya nemu langsung emosi kayak gini dong. Ke Jepang baru nemu sampah ternyata baru nemu ini, punya siapa hayo? Garuda pedas dong, sama sambel. Hayo punya siapa ini ngaku! Duh, jangan dicontoh ya gais malu banget kalau kita dicap jelek sama negara lain," ujar pria yang akrab disapa Mas Kasan itu lewat video tersebut.

Ia mengingatkan agar aksi membuang sampah plastik sembarangan itu tidak ditiru. "Jangan dicontoh ya, guys! Pas traveling, sampahnya disimpan dulu di tas aja ya, baru buang pas di hotel aka plis," tulisnya.

Dugaan sampah itu berasal dari pelancong Indonesia adalah kemasannya. Sebab, kemasan produk itu berbahasa Indonesia.

Video TikTok diduga orang Indonesia membuang sampah plastik di Jepang tersebut hingga kini sudah mendapatkan lebih dari 1,7 juta views, 146.200 likes, dan diramaikan 2.244 komentar. Warganet pedas mengomentari aksi mereka yang membuang sampah sembarangan itu.

"Yang buang sampah siapa gw yang malu," tulis akun TikTok RST.ryukotsu.

"Suka heran sama indo's people. Keluar negeri, budaya buruk dinegeri sendiri masih dibawa bawa," kata akun Olivia Stevi.

"Siapa tau snack nya dijual di Jepang.... Mungkin orang Jeoang yang buang?" tulis akun @mantan petijoket.

mas kasanmas kasan Foto: Tangkap Layar TikTok @hassanhans



"Mohon maap, itu memang makanan indo tapi belum tentu juga orang indo yang buang, bisa jadi orang Jepang yang makan," ucap akun Dark Knight.

Pengunggah video itu, Mas Kasan, mengatakan sampah bungkus makanan dari Indonesia itu ditemukannya saat dia jalan-jalan di Kyoto, Jepang. Pria yang berprofesi sebagai fotografer itu berada di Kyoto sekaligus untuk memotret prewedding kliennya.

"Saat itu, aku jalan-jalannya pas sekalian motoin sepasang klien (orang Indonesia yang tinggal di Kyoto) buat sesi prewedding mereka. Pas lagi mau ngunjungin spot, kami kaget karena nemu sampah berserakan, lebih kaget lagi ternyata itu sampahnya adalah produk Indonesia," ujar dia.

Dia tak menyangka video itu bakal viral. Apalagi, sejatinya video itu tak baru-baru amat, yakni sudah setahun lalu.

"Jujur nggak nyangka, karena sebenarnya video itu aku ambil 1 tahun yang lalu dan sudah pernah aku share via Instagram Stories, dan response-nya gak se-massive di TikTok," kata Kasan.

"Nggak nyangka banget. Reaksi aku cukup kaget, terkejut, campur aduk gitu. Sekaligus takut karena banyak yang merasa itu settingan," ujar pria lulusan Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan Bahasa Inggris itu.



Simak Video "Indonesia Akan Belajar Tangani Sampah dari Swedia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA