Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 08:47 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Prau dan Bukit Sikunir Diuji Coba Buka

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Gunung Prau
Gunung Prau, Dieng (Foto: Bima Kramawijaya/d'traveler)
Jakarta -

Dua wisata pendakian utama kawasan wisata Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah diuji coba buka. Bukit Sikunir dibuka duluan dan pendakian Gunung Prau dibuka besok.

Meski sudah dibuka untuk umum, tapi pengelola menerapkan protokol kesehatan di era new normal ini. Pengumuman pembukaan gunung Prau dan bukit Sikunir diumumkan oleh akun Instagram resmi Disparbud Wonosobo dengan uji coba penerapan protokol kesehatan selama sebulan.

Meski telah dibuka, Bukit Sikunir dan Gunung Prau hanya dibuka untuk pendaki dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Berikut pengumuman lengkapnya:

Selamat malam para pencinta sunrise?

Kami informasikan uji coba penerapan Protokol Kesehatan Bagi Penyelenggaraan Usaha Pariwisata Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Wonosobo.

Untuk wisata pendakian dengan penerapan protokol kesehatan akan dilaksanakan selama 30 (tiga puluh) hari ke depan terhitung mulai tanggal 1 Juli 2020 untuk wisata pendakian bukit Sikunir dan tanggal 3 Juli 2020 untuk wisata pendakian Gunung Prau.

Bagi yang akan berkunjung ke Bukit Sikunir dan Gunung Prau ada beberapa ketentuan yaitu :

1. Adanya pembatasan jumlah kunjungan sebesar 25% (dua puluh lima) persen dari kapasitas kunjungan
2. Pembatasan durasi/lama kunjungan dilokasi wisata pendakian
3. Hanya menerima kunjungan wisatawan yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan kondisi sehat yang dibuktikan dengan hasil negatif COVID-19 berdasarkan Polyment Chain Reaction (PCR) test/rapid test terhitung 14 hari setelah didapatkan hasil test atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan atau pihak yang direkomendasikan dari daerah asal
4. Penerapan protokol Kesehatan di wisata pendakian harus dilaksanakan dengan baik dan benar.

[Gambas:Instagram]

Ingat, selalu jaga kebersihan, kesehatan, jaga jarak, wajib bermasker, dan cuci tangan sesering mungkin. Salam Pariwisata.

Sebelumnya, pendakian Gunung Prau ditutup sejak Januari. Penutupan pendakian itu dilakukan di semua jalur.

Ketua Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI), Harsono, mengatakan penutupan jalur secara resmi dimulai 6 Januari 2020. Mestinya, pendakian Gunung Prau akan kembali dibuka pada 3 April 2020 namun diperpanjang karena pandemi virus Corona.

Jadi, kapan kamu mendaki Bukit Sikunir dan Gunung Prau di Dieng, Wonosobo lagi? Sunrise di Bukit Sikunir yang indah dengan trek yang tak terlalu panjang itu sudah bikin rindu ya.



Simak Video "Sudah Beberapa Hari Fenomena Embun Es Terjadi di Dataran Tinggi Dieng"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA