Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 13:07 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel Ibis Bandung Trans Studio Terapkan Protokol Kesehatan

Putu Intan
detikTravel
Hotel ibis Bandung Trans Studio
Hotel Ibis Bandung Trans Studio. Foto: (dok. ibis Bandung Trans Studio)
Bandung -

Sejumlah hotel beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih menjangkiti Indonesia. Langkah adaptasi itu dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yang terlihat dari fasilitas maupun pelayanan. Salah satu hotel yang melakukan langkah ini adalah Hotel Ibis Bandung Trans Studio yang terletak di Jalan Gatot Subroto nomor 289, Batununggal, Kota Bandung. Hotel yang memiliki hampir 600 kamar tersebut memberlakukan protokol mulai dari pintu masuk sampai kamar hotel.

Saat akan memasuki hotel, setiap kendaraan disemprot dengan disinfektan. Setelah itu di pintu masuk, setiap tamu juga diperiksa suhu badannya. Hanya tamu yang suhunya di bawah 37,3 derajat celcius saja yang diperbolehkan masuk. Kemudian tamu yang akan check-in juga diwajibkan untuk mengisi surat yang menyatakan bahwa ia dalam kondisi sehat.

Beralih ke lift, terdapat hand sanitizer yang diletakkan di atas tombol lift. Kapasitasnya juga dibatasi hanya untuk empat orang dan dilengkapi dengan markah jaga jarak.

Hotel Ibis Bandung Trans Studio Terapkan Protokol KesehatanJaga jarak di depan counter check-in. Foto: Putu Intan/detikcom

Setiap kamar yang telah digunakan tamu baru dapat disewakan kembali esok harinya karena harus dibersihkan dengan dua lapis prosedur. Pertama adalah didisinfektan. Setelah itu dilakukan ozonasi menggunakan ozonizer yang disebut dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus.

"Ozonizer merubah dari O2 menjadi O3 yang akan mengurangi virus dan bakteri. Kamar tidak akan bau tamu yang sebelumnya, itu akan menetralisir semuanya," kata Executive House Keeper Hotel Ibis Bandung Trans Studio, Hari Widodo.

Hotel Ibis Bandung Trans Studio Terapkan Protokol KesehatanPembersihan kamar. Foto: Putu Intan/detikcom

Lalu di area restoran, setiap tamu dilayani karyawan yang telah dilengkapi masker, face shield, dan sarung tangan. Selain itu antara karyawan dengan tamu juga ada pembatas mika untuk meminimalisir kontak fisik antara keduanya. Di meja dan kursi juga diberi tanda jaga jarak.

Hotel Ibis Bandung Trans Studio Terapkan Protokol KesehatanRestoran hotel dilengkapi protokol kesehatan. Foto: Putu Intan/detikcom

Selain itu, di kawasan lobby, restoran atau area publik, dan jalanan di sekitar hotel juga disemprot disinfektan. Tujuannya untuk menjaga area-area tersebut tetap bersih.

"Kita ada satu orang untuk sanitasi. Dia kerjanya muter terus sambil bawa disinfektan dan tiap 4 jam sekali disemprot menggunakan sprayer. Setiap pagi, aspal depan kita spray menggunakan jet spray air, dicuci lalu disemprot disinfektan karena ada potensi juga dari aspal itu yang dilewati ban mobil," ujar Hari.

Hotel Ibis Bandung Trans Studio Terapkan Protokol KesehatanKaryawan membersihkan area lobby hotel. Foto: Putu Intan/detikcom

Kemudian dari segi karyawan, Hari juga menjelaskan bahwa seluruh karyawan wajib menjaga kebersihan diri. Penerapan protokol kesehatan ini juga diawasi ketat oleh manajemen hotel.

"Karyawan wajib cuci tangan dan difoto, cek temperatur, wajib mandi, kalau cheating bisa di-cut kontraknya," kata Hari.

Seluruh upaya ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan tamu menginap kembali di Hotel Ibis Bandung Trans Studio. "Dengan sistem yang ketat dan semua ada guideline-nya, jadi jangan khawatir untuk menginap di hotel lagi," pungkas Hari.



Simak Video "Perhatikan Protokol Kesehatan Berikut Bila Makan di Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA