Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jul 2020 20:07 WIB

TRAVEL NEWS

Serba-serbi Bersin di 10 Negara Berbeda dan Kebiasaannya

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
bersin
Foto: Ilustrasi bersin (Shutterstock)
Tokyo -

Lain ladang, lain belalang. Lain lubuk, lain ikannya. Begitu pula dengan bersin. Beda negara, beda pula kebiasaannya. Seperti apa?

Dari ratusan negara di dunia, ada bermacam-macam adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda pula, satu sama lain. Soal bersin, beda negara beda pula maksud dan etiketnya.

Di beberapa negara dan kebudayaan, bersin diartikan sebagai tanda keberuntungan. Apabila bersinnya di antara sore hari dan tengah malam, maka tandanya akan ada keberuntungan yang akan datang.


Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Senin (6/7/2020), inilah kebiasaan bersin dari berbagai negara.

1. Prancis

Di Prancis, jika ada orang bersin maka orang yang mendengarnya akan menimpali dengan ucapan 'à vos souhaits'. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya 'diberkatilah Anda'.

2. Jepang


Di dalam kebudayaan Jepang, bersin sekali menandakan ada yang memuji. Bersin dua kali tandanya ada yang mengkritik (ni-kusashi). Bersin 3 kali berarti ada yang meremehkan. Sedangkan bersin 4 kali dan selebihnya, menandakan musim dingin akan segera tiba.

3. Arab

Di Arab, apabila ada orang yang bersin, maka orang tersebut wajib mengucapkan 'Alhamdulillah' yang artinya 'Segala Puji Bagi Allah'. Sedangkan yang mendengarnya, wajib membalas dengan ucapan 'Yarhamukallah' yang artinya Semoga Allah Merahmatimu'.

4. Brasil

Di Brasil, apabila kamu mendengar ada orang yang bersin maka kamu wajib menyahut dengan mengucapkan 'Saude' yang berarti Sehat. Sedangkan bagi orang yang bersin, dia wajib membalasnya dengan 'Amen'.

5. Polandia

Ada kepercayaan soal bersin yang menarik dari Polandia. Jika kamu bersin tiba-tiba, maka itu artinya ibu mertuamu sedang ngomongin hal yang buruk tentang kamu atau jika kamu belum menikah, maka hubunganmu dengan calon ibu mertua akan buruk.


6. Tonga

Di Tonga, jika kamu bersin maka itu tandanya orang yang menyukaimu sedang rindu padamu.

7. Mongolia

Kalau di Mongolia, kebiasannya jika mendengar ada orang yang bersin, maka dia harus menimpalinya dengan ucapan 'burkhan orshoo butin chinee sakhal urga' yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia: 'Semoga Tuhan Memberkatimu dan Semoga kumismu tumbuh seperti semak belukar'.

8. Kenya

Di Kenya, jika ada anak-anak yang sedang bersin, maka orang tuanya akan mengucapkan 'Kua' yang berarti 'Tumbuhlah'. Atau mereka akan mengucapkan 'Kukua juu, chini kuna moto' yang artinya: 'tumbuhlah ke atas, di bawah panas'.

9. Nigeria

Jika kamu bersin di Nigeria, maka kamu wajib untuk mengucapkan 'Ndo' ke semua orang yang ada di sekitarmu. 'Ndo' artinya Maaf.

10. Italia dan Spanyol

Di Italia, apabila ada orang bersin maka kita wajib membalasnya dengan ucapan 'Salute' yang berarti 'Sehat', sedangkan di Spanyol kita menimpalinya dengan 'Salud' yang berarti sama. Mirip-mirip bukan?



Simak Video "Heboh Virus Corona, Uya Kuya Berbagi Tips Tutup Mulut saat Bersin"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA