Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jul 2020 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Astronot Bagikan Foto Komet dari Luar Angkasa, Menakjubkan!

Syanti Mustika
detikTravel
Komet NEOWISE
Foto: (Bob Behnken/Twitter)
Jakarta -

Seorang astronot membagikan foto Komet NEOWISE yang dipotretnya dari luar angkasa. Seperti kembang api!

Astronot bernama Bob Behnken membuat takjub netizen setelah dia membagikan foto-foto Komet NEOWISE. Spesialnya, Behnken mengambil foto komet itu dari luar angkasa.

Komet yang saat ini sedang dekat dengan bumi itu amat menakjubkan. Komet itu berpadu dengan kerlap-kerlip yang ada di bumi.

"Kembang api semalam, sungguh nyata. Karena sains #NEOWISE #comet" tulisnya dalam gambar yang dibagikannya.

Dilihat dari akun Twitternya, Behnken membagikan foto ini pada tanggal 6 Juli lalu. Tentu saja semua hal yang berhubungan dengan luar angkasa menarik minat netizen, dan mereka dibuat takjub oleh fenomena ini.




Dirangkum Tim detikcom, Komet NEOWISE (Near Earth Object Wide-Infrared Survey Explorer) akan menjadi fenomena langit yang bisa dilihat pada bulan Juli 2020. Komet yang ditemukan oleh teleskop luar angkasa NEOWISE itu akan terlihat dari bumi beberapa kali.

Komet NEOWISE pertama kali ditemukan pada 27 Maret 2020 dan masuk katalog C/2020 F3. Saat itu, komet NEOWISE terletak 194 juta mil atau 312 juta kilometer dari matahari dan bersinar pada +17 sangat lemah, sekitar 25.000 kali lebih redup dari bintang paling samar yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Komet NEOWISE akan terlihat dari bumi pada tanggal 5 atau 6 Juli pagi di timur laut. Sedangkan pada 11 Juli, komet akan mencapai ketinggian hampir 10 derajat.

Kemudian, selama 10 hari ke depan secara bertahap akan meluncur kembali ke arah cakrawala utara-timur laut, akhirnya menghilang dari visibilitas fajar.


Pemandangan komet yang jauh lebih baik akan terlihat di langit pada malam hari tanggal 12 Juli. Ketika itu, komet akan tampak rendah di langit barat laut. Pada 22 Juli, NEOWISE akan melakukan berada paling dekat ke bumi, yang jaraknya 64 juta mil atau 103 juta km.

Pada 25 Juli, komet akan muncul 30 derajat naik dari cakrawala barat-barat laut saat kegelapan turun. Dan pada 30-31 Juli, komet itu akan melintas tepat di sebelah utara gugusan bintang Coma Berenices atau Berenice's Hair.

Tentu saja untuk bisa melihat atau memfoto komet, traveler harus menggunakan teleskop, ya.





Simak Video "Pesawat SpaceX sedang Dalam Perjalanan Menuju Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA