Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jul 2020 09:29 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Sudah Bisa Nikmati Candi Borobudur Lebih Dekat

Eko Susanto
detikTravel
Candi Borobudur
Penerapan new normal di Candi Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Balai Konservasi Borobudur (BKB), mulai hari Selasa (7/7/2020) membuka zona 1 Candi Borobudur. Pengunjung bisa menikmati keindahan Candi Borobudur dari pelataran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Plt Kepala BKB Tri Hartono mengatakan, mulai hari ini zona 1 Candi Borobudur dibuka untuk pengunjung. Untuk itu, pengunjung sebelumnya pada masa pandemi COVID-19 atau masa uji coba pembukaan menikmati Candi Borobudur dari zona 2 atau taman saja. Untuk itu, mulai hari ini bisa menikmati dari pelataran candi.

"Mulai hari ini kita buka zona 1 Candi Borobudur. Setelah kita memperoleh surat izin usaha dari Bupati Magelang. Setelah izin keluar, maka mulai hari ini melayani masyarakat di zona 1 dengan catatan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dalam protokol kesehatan oleh Bupati Magelang maupun protokol kesehatan yang dikeluarkan keputusan SKB Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Tri saat ditemui di kantornya, Selasa (7/7/2020).

Kunjungan selama masa pandemi, kata Tri, sesuai dengan protap dari Dirjen Kebudayaan di zona 1 Candi Borobudur setiap kunjungan dilengkapi dengan guide atau pemandu wisata. Nantinya pemandu ini bisa menjelaskan kepada pengunjung mengenai upaya pelestarian, arti penting candi dan protap dalam masa pandemi ini.

"Sesuai dengan protap yang sudah dikeluarkan oleh Dirjen Kebudayaan tentang kunjungan di zona 1 Borobudur. Untuk setiap kunjungan di zona 1 ini mestinya dilengkapi dengan guide atau pemandu wisata. Tujuannya yaitu agar mereka yang berkunjung bisa memahami bagaimana upaya pelestariannya, apa arti nilai penting Candi Borobudur, terus kemudian bagaimana protap dalam kunjungan pandemi ini," kata dia.

Candi BorobudurCandi Borobudur Foto: (Eko Susanto/detikcom)

Untuk kunjungan dibatasi, kemudian pengunjung hanya sampai di pelataran. Untuk itu, pengunjung tidak bisa naik ke Candi Borobudur karena lorong-lorongnya sempit. Hal ini tidak bisa untuk berjaga jarak antarpengunjung.

"Pertimbangannya begini jadi kan ada jarak setiap orang satu meter. Kita tahu lorong-lorong di candi itu sempit, jadi kalau untuk menghindari satu meternya itu kan sangat sulit. Maka untuk sementara itu kita tidak diizinkan naik ke candi," katanya.

Sementara itu, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana, bersyukur dengan dibukanya kembali zona 1 Candi Borobudur. Dengan dibukanya zona 1 tersebut, diharapkan nantinya pengunjung semakin dekat melihat keindahan Candi Borobudur.

"Hari ini juga di zona 1 sudah mulai dibuka karena sudah ada izin dari Ketua Gugus Tugas Kabupaten. Alhamdulillah dengan dibukanya zona 1 berarti para pengunjung yang akan datang ke Candi Borobudur lebih bisa menikmati dari jarak dekat karena pada pandemi COVID-19 hanya dibuka di pelantaran candi masih bisa berfoto," kata Putu.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA