Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Jul 2020 20:03 WIB

TRAVEL NEWS

Paus Pembunuh Disebut Lumba-lumba, Diciumin Emak-emak di Sulut

Bonauli
detikTravel
Orca di Sulawesi utaras
Orca di Sulawesi Utara (Facebook)
Inobonto -

Seekor bayi orca terdampar di Inobonto, Sulawesi Utara. Kedatangan bayi orca atau sering disebut paus pembunuh di Indonesia itu bikin warga heboh.

Warga Inobonto, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara tiba-tiba berlarian ke pantai. Sambil berebut, mereka mencoba untuk menggendong seekor paus pembunuh.

Lucunya, mereka menyebut orca dengan lumba-lumba. Memang sih, orca adalah keluarga lumba-lumba. Namun yang satu ini sedikit berbeda dari tampilan fisiknya dengan lumba-lumba.

Sambil berteriak dan diayun-ayun, warga tak mau melepaskan orca dari gendongan. Orca ini terus dipeluk-peluk sampai diangkat ke permukaan air.

Padahal aksi seperti ini bisa membunuh orca. Kerumunan orang dapat membuat orca stres dan dia bisa kekurangan oksigen yang akhirnya bisa menghambat pernapasannya.

"Lumba-lumba ini membawa berkah," begitu ucap seorang ibu dari balik layar yang terus merekam aksi ini.

Bahkan paus pembunuh tersebut tak hanya digendong, tapi juga diberi ciuman oleh warga. Layaknya hewan peliharaan, orca diusap-usap sembari disirami air. Warga terlihat begitu antusias dengan kedatangan orca.

Namun kejadian ini tak berlangsung lama. Karena orca tersebut akhirnya dibawa untuk dilepaskan kembali ke laut. Herannya, si orca berulang kali kembali ke pantai.

Dengan bantuan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar yang berkoordinasi dengan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Bolaan Mongondow dan pihak DKP, orca kembali dilepasliarkan. Orca pun tak terlihat kembali ke pantai.

Usut punya usut, orca itu memiliki ukuran 1,52 meter yang mengindentifikasikan bahwa ia masih bayi. Bayi orca atau paus pembunuh itu diduga lepas dari kawanannya yang berenang dari arah Kutub Selatan menuju ke Perairan Jepang.

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Dikira Lumba-lumba, Paus Pembunuh Ini Diciumi dan Dipeluk Warga Inobonto"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA