Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jul 2020 10:09 WIB

TRAVEL NEWS

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Dibuka Mulai Rabu Pahing

Eko Susanto
detikTravel
Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.
Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kabupaten Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Jalur pendakian menuju Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik, Desa Temanggung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dibuka lagi mulai 15 Juli. Dalam era new normal pariwisata ini, pendakian menerapkan protokol kesehatan.

Pengelola Basecamp Butuh, Lilik Setiyawan, mengatakan pembukaan pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik itu berdasarkan surat keterangan izin penyelenggaraan/usaha dari Bupati Magelang No: 100/227/01.01/2020.

"Kami sampaikan bahwa jalur pendakian via Buruh Kaliangkrik mulai buka beroperasi lagi pada Rabu Pahing 15 Juli 2020," kata Lilik saat dihubungi, Jumat (10/7/2020).

Lilik menambahkan dalam new normal ada beberapa persyaratan untuk pendaki melakukan pendakian Gunung Sumbing. Persyaratan tersebut antara lain wajib membawa surat keterangan sehat dari Ppuskesmas asal atau Kaliangkrik. Kemudian, wajib memakai masker, penyemprotan disinfektan, cuci tangan, dan jaga jarak di basecamp.

Nantinya, di basecamp dilakukan pembatasan kuota bagi mereka yang ingin istirahat. Jika kondisi normal, basecamp Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik itu mampu menampung 50 sampai 70 orang, New Normal ini di basecamp dibatasi 25 orang.

Untuk pelayanan di basecamp mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk sementara dibuka untuk domisili wilayah Jateng dan DIY yang non zona merah.

"Untuk registrasi silakan ke akun instagram @reg.symphonysumbing.id," ujar Lilik.

Untuk para pendaki, kata Lilik, agar mempersiapkan fisik, jangan sembrono, jaga etika/sopan santun. Kemudian, patuhi semua aturan pendakian yang ada serta protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Masa uji coba pembukaan ini, kata Lilik, dilangsungkan mulai 15 Juli hingga akhir Juli. Nantinya, dari masa uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi kembali.

"Masa uji coba pembukaan Gunung Sumbing mulai 15 Juli sampai akhir Juli. Nanti setelah itu, kami lakukan evaluasi kembali. Bagi para pendaki untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi aturan yang ada," kata dia.



Simak Video "Trabas Gunung Sumbing, Doni Tata Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA