Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jul 2020 17:26 WIB

TRAVEL NEWS

Hore, Besok Kawah Ijen Sudah Dibuka

Ardian Fanani
detikTravel
Ada dua penyebab terjadinya gelombang tsunami di Danau Kawah Ijen menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Yakni karena adanya pertemuan suhu berbeda serta terjadinya longsoran.
Kawah Ijen dibuka mulai besok. (Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Kabar bahagia bagi traveler yang sudah rindu ingin mendaki Gunung Ijen. Kawasan yang eksotis dengan blue fire-nya tersebut akan dibuka mulai Sabtu itu.

Plt Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq, membenarkan hal tersebut. Berdasarkan hasil verifikasi Gugus Tugas COVID-19, Kawah Ijen dinyatakan sudah memenuhi protokol kesehatan pencegahan penularan coronavirus.

"Kita sudah melakukan verifikasi sebanyak dua kali. Verifikasi terakhir, dinyatakan sudah memenuhi syarat protokol kesehatan sesuai SOP yang ditetapkan Pemkab Banyuwangi. Jadi, Banyuwangi sebenarnya sudah jauh hari merekomendasikan agar Ijen dibuka," kata Ainur Rofiq kepada detikcom, Jumat (9/7/2020).

Kawah IjenKawah Ijen Foto: Ardian Fanani/detikcom

Rofiq menyebut proses pembukaan jalur pendakian Kawah Ijen dalam masa pandemi virus Corona membutuhkan waktu. Sebab, Kawah Ijen merupakan salah satu ikon wisata unggulan di Indonesia ini tepat berada di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso.

"Ijen itu berada di perbatasan Bondowoso-Banyuwangi. Jadi masih perlu ada koordinasi antara dua daerah, dan melihat kesiapan secara bersama. Setelah ada kesepakatan dengan Bondowoso dan BKSDA, kita sepakat untuk bisa dibuka besok," kata dia.

Meski dibuka untuk umum, pengelola TWA Kawah Ijen tetap memberlakukan pembatasan bagi wisatawan yang hendak melakukan pendakian.

Kepala Pos TWA Kawah Ijen Sigit Haribowo mengatakan, dalam sehari, hanya 225 wisatawan saja yang diperkenankan mendaki Gunung Ijen.

"Sudah kita buka secara regular. Untuk kuota maksimal 225 pendaki. Ini masih bertahap, kalau dinilai sudah aman, tidak ada COVID, kuota bisa bertambah," ujarnya.

Tak hanya itu, bagi traveler yang hendak mendaki Ijen juga harus memesan tiket secara online. Tiket dapat dipesan melalui laman https://ijenbluefire.bbksdajatim.org.

Sebelumnya, TWA Kawah Ijen melakukan simulasi dan evaluasi untuk melihat kesiapan destinasi wisata. Tempat wisata favorit di Banyuwangi itu dibuka sementara selama 2 hari (29 dan 30 Juni 2020) dan diberlakukan pembatasan pengunjung. TWA Kawah Ijen dibuka hanya pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Pengunjung wajib mendaftarkan diri dan tidak dipungut biaya alias gratis.



Simak Video "Bupati Banyuwangi: Kawah Ijen hingga Agrowisata Tamansuruh Telah Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA