Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jul 2020 22:34 WIB

TRAVEL NEWS

Bukit Teletubbies Kawah Wurung Dibuka Lagi dengan Kapasitas 50%

Chuk Shatu W.
detikTravel
Kawah Wurung
Foto: (Chuk Shatu Widarshadetikcom)
Bondowoso -

Obyek wisata Kawah Wurung, Bondowoso, secara resmi dibuka untuk kunjungan wisata. Kendati protokol kesehatan tetap diterapkan bagi setiap wisatawan.

Setiap pengunjung tetap diwajibkan menggunakan masker, serta ada pembatasan jumlah pengunjung. Yakni cuma 50 persen dari jumlah rata-rata per hari. Jika sudah tercapai, maka akan langsung ditutup.

Tak hanya itu. Selain di gerbang pintu masuk kawasan, di sejumlah sudut lokasi wisata yang merupakan penunjang TWA Kawah Ijen itu juga disediakan tempat cuci tangan. Termasuk tidak boleh berkerumun.


"Tapi kami tetap akan lakukan evaluasi secara berkala. Sejauh mana penerapan protokol kesehatan di obyek wisata itu," kata Irwan Bahtiar Rachmat, kepada detik.com, Sabtu (11/7/2020).Wali Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar ketika ditemui di kawasan terletak di Kecamatan Ijen itu menjelaskan, pembukaan Kawah Wurung itu juga diikuti obyek wisata lainnya di Bondowoso.

Bukan tidak mungkin, imbuh Irwan, obyek-obyek wisata tersebut akan kembali ditutup. Jika misalnya, tak mengikuti protokol kesehatan atau mungkin malah menimbulkan masalah baru dalam situasi pandemi Corona ini.

"Dengan dibukanya ini, saya berharap ekonomi di sektor pariwisata dan para penunjangnya tetap bergeliat. Tapi kesehatan tetap dapat terjaga. Jadi bisa jalan bersama," pungkas orang nomor dua di Bondowoso ini.

Kawah WurungKawah Wurung Foto: (Chuk Shatu Widarshadetikcom)

Pantauan di lokasi, pengunjung berasal dari Bondowoso dan kabupaten sekitarnya mulai memadati obyek wisata yang memang ditutup sejak pandemi Corona tersebut. Mereka datang dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Tadi malam itu saya baca di detikcom kalau Kawah Ijen sudah dibuka. Jadi, sekalian saya mampir ke sini dulu. Nanti malam baru naik ke Kawah Ijen," kata Reny (24), pengunjung asal Banyuwangi.

Kawah WurungKawah Wurung Foto: (Chuk Shatu Widarshadetikcom)

Senada disampaikan Pangestu (27), pengunjung asal Probolinggo. Dia mengaku sudah siap dengan masker dan hand sanitizer. Karena protokol kesehatan itu pasti diberlakukan di semua obyek wisata.

"Sudah sekian bulan saya tak bisa kemana-mana. Makanya, begitu dapat kabar Kawah Ijen telah dibuka, saya langsung berangkat. Sekalian mampir ke sini dulu," pungkas Pangestu.



Simak Video "Sengketa Tanah di Bondowoso Berujung Sumpah Pocong"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA