Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jul 2020 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Warga Positif Corona, Bagaimana Wisata Pulau Tidung?

Main Banana Boat di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu
Pulau Tidung Foto: Ipat Fatmwati/d'Traveler
Kepulauan Seribu -

Beberapa waktu lalu, sejumlah warga Pulau Tidung diketahui positif COVID-19. Ini kabar terbaru terkait pariwisata di sana.

Sebanyak 12 pedagang di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu dinyatakan positif virus corona (COVID-19) usai uji usap tenggorokan pada 19 dan 24 Juni 2020 lalu seperti dilansir detikcom dari Antara, Senin (20/7/2020).

"Benar, saat ini sudah ditangani tim gugus tugas," kata Lurah Pulau Tidung, Hafsah.

Menurut penuturan Hafsah, satu telah dirujuk ke RS Pertamina, satu ke RS Fatmawati, tiga orang ke RS Wisma Atlet Kemayoran dan tujuh sisanya melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat.

"Ada dua orang lainnya yang sudah negatif swab kedua kali dan tetap melakukan isolasi mandiri untuk menunggu hasil swab ketiga," pungkas Hafsah.

Dihubungi terpisah oleh detikcom, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Astuti, memberi kabar terupdate soal kondisi di sana.

"Hari ini kan ada rapat di kabupaten, saya belum tahu hasilnya rapat terakhir untuk Tidung. Tapi kalau kemarin info dari bu lurahnya ada penutupan 14 hari ke depan, tapi nggak tahu dengan perkembangan rapat yang hari ini. Kebetulan saya nggak ikut," ujarnya.

Lebih lanjut, di luar Pulau Tidung, Puji mengatakan kalau pariwisata Kepulauan Seribu tetap buka seperti biasa. Wisatawan yang ingin berwisata di luar Pulau Tidung pun tetap dipersilakan.

"Aman sih, relatif aman karena protokol kesehatan tetap diterapkan ya. Menerima kunjungan wisata ya," tutup Puji.

Berdasarkan kabar terakhir yang ia dengar, pihak Pulau Tidung disebut telah menutup pulau tersebut sejak hari Minggu kemarin (19/7). Wisatawan pun diminta sabar dulu dan memantau kondisi terkait.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menegaskan pemerintah kabupaten terus memperketat pengawasan wilayah terutama akses wisatawan untuk mencegah penyebaran COVID-19. "Pengunjung harus dibatasi dimulai dari dermaga keberangkatan dengan menyiagakan petugas setiap akhir pekan," kata Junaedi.



Simak Video "Melepaskan Penyu Kembali Ke Habitatnya, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA