Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Jul 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pulau Bintan Siap Sambut Wisatawan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Putu Intan
detikTravel
Pantai Trikora di Pulau Bintan
Pulau Bintan. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
Jakarta -

Pulau Bintan di Kepulauan Riau tengah bersiap menyambut kembali wisatawan. Mereka menerapkan protokol kesehatan ketat untuk cegah penyebaran Corona.

Dilansir dari Antara, Selasa (21/7/2020) saat ini Kepulauan Riau sudah nihil kasus Corona. Pemerintah daerah setempat pun akan membuka kembali destinasi wisata. Salah satunya Pulau Bintan yang jadi destinasi favorit wisatawan asing khususnya Singapura.

"Secara umum seluruh pintu masuk ke Bintan sedang dipersiapkan untuk disterilkan dari COVID-19 dengan berbagai lapis protokol kesehatan," kata Bupati Bintan, Apri Sujadi dalam diskusi virtual dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Minggu (19/7/).

Sementara itu General Manager dari Bintan Resort Group, Abdul Wahab mengkonfirmasi bahwa pandemi Corona telah memukul sektor pariwisata Bintan.

Pada Januari 2020 ketika virus ini mulai muncul, Pulau Bintan masih menerima 900 ribu wisatawan. Namun hanya puluhan wisatawan yang datang ketika virus Corona sudah sampai ke Indonesia.

Saat ini, Bintan siap menerima kunjungan wisatawan, tentunya dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Tak cuma untuk wisatawan, aturan ini juga berlaku untuk setiap destinasi yakni resor, hotel, dan restoran.

"Setiap hari kami memeriksa kondisi kesehatan pegawai. Selain itu, suhu tubuh dan kondisi kesehatan setiap pengunjung juga harus dicek," kata Abdul Wahab.

Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan segala sektor menghadapi new normal. Termasuk mempersiapkan daerah seperti Pulau Bintan membuka kembali wisatanya dengan tetap memastikan bahwa daerah-daerah itu juga punya tingkat transmisi Corona yang rendah. Selain itu, setiap destinasi wisata juga wajib menerapkan protokol yang ketat sesuai arahan WHO.

Sebagai bagian dari upaya untuk mendapatkan kembali kepercayaan wisatawan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah merumuskan dan mensosialisasikan protokol kesehatan, yang dijuluki protokol Kebersihan, Kesehatan, dan Keselamatan (CHS).



Simak Video "Ada Gurun Pasir ala Timur Tengah di Indonesia, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
BERITA TERKAIT
BACA JUGA