Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jul 2020 05:03 WIB

TRAVEL NEWS

Salut, Polisi Malaysia Selamatkan Monyet yang Terluka

Putu Intan
detikTravel
Salut, Polisi Malaysia Ini Selamatkan Monyet yang Terluka
Polisi selamatkan monyet yang terluka. (Facebook Info Roadblock JPJ/POLIS)
Kuala Lumpur -

Seorang polisi lalu lintas Bukit Aman, Malaysia menyelamatkan seekor monyet terluka di tengah jalan. Aksinya ini viral dan diapresiasi netizen Malaysia.

Dilansir dari Malay Mail, Rabu (22/7/2020) polisi Kopral Azizi Adnan menyelamatkan monyet liar di Silk Highway KM 27.2. Ia menceritakan bahwa ia dan dua rekannya sesama polisi lalu lintas kebetulan melewati jalan itu pukul 12 siang pada Senin (20/7/2020).

"Saya segera turun dari mobil untuk memastikan apa yang salah dari monyet itu dan ketika saya melihat lebih dekat, saya melihat wajah dan tangannya memar," kata Azizi.

"Khawatir akan keselamatannya, saya dan dua rekan kerja saya kemudian menutup empat jalur utama untuk mencegah mahkluk itu terluka," ia melanjutkan.

Azizi juga mengatakan bahwa ia tidak mengenakan sarung tangan pada saat itu. Ia sempat takut monyet itu akan agresif dan mencakar tangannya bila ia mengangkatnya dengan tangan kosong.

"Tapi untungnya saat itu, seorang pengendara motor melihat kejadian itu dan menawarkan diri untuk membawa monyet itu ke bagian lain jalan karena ia menggunakan sarung tangan," ujar dia.

"Jadi saya mengantar pengendara motor yang membawa monyet itu sampai ia menempatkan monyet di sisi jalan di mana ada lebih banyak pohon," ia bercerita.

Azizi menjelaskan bahwa penyelamatan itu penting. Sebab monyet yang terluka itu tidak dapat menyeberang jalan dan akan terjebak bila tak dibantu keluar dari sana.

Pengalamannya melihat monyet di tengah jalan ini ternyata bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya ia melihat begitu banyak binatang terutama monyet yang melintasi Silk Highway pada jam-jam tertentu.

"Banyak monyet pindah setelah habitat mereka dihancurkan untuk membuka jalan bagi pembangunan perumahan baru. Tapi saya berharap ketika pengemudi atau pengendara motor melihat binatang di jalan, mereka akan menghindari membunyikan klakson karena dapat menakuti binatang atau memicu perilaku agresif," Azizi berpesan.

Banyak orang mengapresiasi penyelamatan yang dilakukan Azizi itu. Aksi yang terekam dalam video itu diunggah ke Facebook dan sudah diberi like oleh 4.000 pengguna. Ada juga yang berkomentar bahwa sebaiknya pemerintah membangun jembatan penyeberangan agar para satwa dapat menyeberang dengan selamat.



Simak Video "Warganya Viral Lantaran Pukul Monyet, Ini Kata Ketua RT Setempat"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA