Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jul 2020 11:00 WIB

TRAVEL NEWS

Hagia Sophia Mau Sholat Jumat Perdana, Jemaah Dapat Hotel Gratis

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pengadilan Turki menyetujui fungsi bangunan Hagia Sophia diubah dari museum menjadi masjid. Umat Islam di Turki dapat melangsungkan salat mulai 24 Juli 2020.
Foto: Hagia Sophia (Getty Images)
Istanbul -

Setelah diresmikan menjadi masjid, Hagia Sophia akan menggelar sholat Jumat perdananya. Ada akomodasi gratis bagi tamu yang berkunjung.

Dikutip dari TRT Kroasia oleh detikcom, Jumat (24/7/2020), pemilik hotel di distrik Al Fatih, Abdurrahman Basoy, menawarkan penginapan gratis untuk tamu yang menghadiri pembukaan masjid Hagia Sophia. Hari ini (24/7) Hagia Sophia akan menggelar sholat Jumat perdana setelah diresmikan menjadi masjid.

Pemilik Baykal Hotel ini ingin memberikan kontribusi terhadap putusan pengadilan Turki Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk menjadikan Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Dia memberikan keputusan bahwa hotel yang memiliki 25 kamar dengan kapasitas 60 tempat tidur akan dibuka secara gratis untuk tamu yang datang.

Untuk saat ini, hotel tidak menerima pemesanan dan menyediakan kamar untuk turis yang datang dari bagian lain Turki dan luar negeri. Dia mengaku sangat senang karena Hagia Sophia kembali dijadikan masjid setelah 86 tahun dan berterima kasih kepada mereka yang berkontribusi dalam membuat keputusan ini, terutama Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Saat ini, kami memiliki beberapa tamu, tetapi kami tidak menerima yang baru. Mereka yang datang untuk menyaksikan hari bersejarah dapat menginap di hotel kami hari itu dan meninggalkannya pada hari Sabtu 25 Juli," kata Babysoy.

Dia dan pihak hotel lainnya ingin melakukan sesuatu untuk orang-orang di Turki dan luar negeri, baik muslim maupun non muslim yang menyaksikan momen bersejarah ini.

"Mereka yang memiliki masalah dengan akomodasi dan ingin berada di sini, diundang untuk datang dan menginap gratis di hotel kami," kata Baysoy.

"Kami berbagi gagasan ini dengan anggota keluarga yang memberikan dukungan. Selama periode itu, kami menargetkan hotel untuk mereka yang datang untuk Hagia Sophia," tambahnya.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Debat Capres AS
×
Trump VS Biden
Trump VS Biden Selengkapnya