Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jul 2020 20:04 WIB

TRAVEL NEWS

Saat 5 Muazin Kumandangkan Azan dari Menara Hagia Sophia

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Hari ini Hagia Sophia menggelar Salat Jumat. Ibadah tersebut menjadi kali pertama sejak 86 tahun berfungsi sebagai museum.
Rakyat Turki menggelar sholat Jumat perdana di Hagia Sophia, Jumat, 24 Juli 2020. (Foto: AP Photo/Mehmet Guzel)
Istanbul -

Rakyat Turki membuka sejarah baru dengan melakukan sholat Jumat di Hagia Sophia. Jemaah menyemuti Hagia Sophia sampai ke jalan-jalan luar Hagia Sophia demi mengikuti sholat Jumat perdana setelah hampir 90 tahun.

Turki meminta lima muazin untuk menyerukan azan di sholat Jumat Hagia Sophia. Mereka mengumandangkan azan dari menara-menara Hagia Sophia dengan suara yang merdu. Dua dari lima muazin itu berasal dari Masjid Biru Istanbul yang terkenal.

Sementara itu, untuk imam, Kepala Otoritas Agama Turki Ali Erbas menunjuk Mehmet Boynukalin, Ferruh Mustuer, dan Bunjamin Topcuoglu sebagai imam yang akan memimpin sholat Jumat perdana di Hagia Sophia tersebut.

Mehmet Boynukalin adalah seorang profesor hukum Islam di Universitas Marmara, Istanbul. Sedangkan Ferruh Mustuer dan Bunjamin Topcuoglu adalah imam dari dua masjid Istanbul lainnya.

Dari tayangan live streaming yang disiarkan detikcom, Jumat (24/7/2020) petang, sholat Jumat perdana di Hagia Sophia ini berlangsung khidmat. Sebelum sholat Jumat dimulai, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sempat membaca Al-Qur'an terlebih dulu, yakni surat Al-Fatihah dan Al-Baqarah ayat 1-5. Dia terlihat mengenakan setelan jas hitam dan mengenakan peci putih. Setelah khotib menyampaikan dakwahnya, jemaah melakukan sholat Jumat.

Erdogan memutuskan mengubah kembali Hagia Sophia menjadi masjid pada 10 Juli lalu setelah pengadilan Turki membatalkan dekrit kabinet 1934 yang mengubah situs bersejarah itu menjadi museum.

Dikutip dari CNN, Hagia Sophia awalnya berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sampai penaklukan Istanbul. Lalu beralih menjadi masjid pada 1453-1934. Kemudian di beberapa waktu terakhir, situs tersebut difungsikan sebagai museum selama 86 tahun hingga akhirnya berubah kembali menjadi masjid di tangan Erdogan.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA