Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Jul 2020 17:35 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Jadi Dipecat, Semua Kru Kabin Maskapai Ini Diganti Pilot

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Icelandair Boeing 757
Ilustrasi maskapai Icelandair (Getty Images/Alvin Man)
Reykjavik -

Maskapai Icelandair menganulir keputusan untuk memecat semua kru kabin mereka. Sebagai gantinya, para pilot maskapai itu yang akan menggantikan tugas kru kabin.

Sebuah kesepakatan antara pihak Icelandair dan Asosiasi Kru Kabin yang bekerja di maskapai itu pun tercapai. Pihak maskapai akhirnya mengalah dan tidak jadi memecat seluruh kru kabin yang bekerja untuk maskapai itu.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020), sebagai gantinya tugas kru kabin akan digantikan oleh para pilot Icelandair yang menganggur akibat pandemi Corona. Penggantian itu sifatnya sementara alias tidak permanen.

Menurut laporan berbagai media, kesepakatan tersebut tercapai setelah melewati diskusi alot antara perwakilan Icelandair dan Icelandic Cabin Crew Association (FFI). Sebelumnya, kedua pihak saling menolak usulan kesepakatan yang diajukan secara bersama-sama.

Usaha musyawarah antar keduanya berlangsung intens sejak awal bulan Juli ini. Pihak maskapai ingin mem-PHK seluruh kru kabin yang bekerja untuk maskapai itu, Sementara pihak asosiasi menolak dan melawan keputusan tersebut.

Tapi akhirnya, kesepakatan sementara pun diraih antar kedua belah pihak. Kesepakatan diraih melalui hasil voting yang diambil oleh para peserta pertemuan tersebut.

"Persetujuan ini berdasarkan kesepakatan bersama yang disetujui oleh kedua belah pihak. Persetujuan ini memenuhi beberapa persyaratan untuk meningkatkan produktivitas antara perusahaan dan juga memberikan kompensasi yang layak untuk para kru kabin," begitu pernyataan resmi Icelandair.

Keputusan PHK yang diambil Icelandair ini sebagai imbas dari pandemi Corona yang begitu memukul dunia penerbangan. Icelandair merupakan maskapai nasional Islandia dan salah satu yang terbesar di negara itu.



Simak Video "Sederet Maskapai Dunia yang Bangkrut Gara-gara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA