Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Agu 2020 18:25 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Ada Open House di KBRI Mesir Saat idul Adha Tahun Ini

Bonauli
detikTravel
Rayakan Idul Adha, KBRI Kairo Gelar Silahturahmi Akbar dengan WNI
Rayakan Idul Adha tahun lalu, KBRI Kairo Gelar Silahturahmi Akbar dengan WNI (Dok.KBRI Kairo)
Kairo -

Idul Adha tahun ini berbeda bagi pelajar Indonesia di Kairo karena pandemi virus Corona. Tak ada santap prasmanan pada tradisi open house di KBRI.

Biasanya, usai sholat Ied, pelajar Indonesia dijamu di Kairo dijamu oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Salah satunya, acara makan bersama dengan menu Tanah Air.

Tapi, pandemi virus Corona membuat tradisi open house itu dihapus. Itu untuk memutus rantai penularan COVID-19.

"Setelah sholat Ied, KBRI Kairo biasanya mengadakan open house untuk pelajar Indonesia yang ada di sini. Kami diantar jemput pakai bus," kata Abdul Fatah Amrullah, pelajar Universitas Al Azhar jurusan Studi Hukum Islam, dalam IGLive #ceritaWNI di detikTravel, Sabtu (1/8/2020).

"Di sana, biasanya ada jamuan, ada penampilan kebudayaan seperti musik, tari, dan kuis-kuis. Kami bisa merasakan euforia seperti lebaran di Tanah Air,' ujar Fatah.

Satu acara lain yang biasa dilakukan Warga Negara Indonesia (WNI) di Mesir pada saat hari raya adalah open house di rumah kedaerahan.

"Open house di rumah kedaerahan saat Idul Adha ini juga enggak ada. Sejatinya, acara ini menunjukkan kalau kami pelajar se- Indonesia di Kairo bisa berkumpul dan diharapkan keharmonisan di sini dibawa ke Tanah Air," ujar Fatah.

Di Mesir, biasanya saat tak ada pandemi virus Corona, Idul Adha memang dirayakan lebih meriah ketimbang Idul Fitri. Idul Adha dirayakan dengan shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban, juga beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Mesir, bahkan sebagian mereka masih menganut budaya era Firaun.

Tradisi-tradisi itu di antaranya ziarah qubur, mengunjungi rumah karib kerabat dan memberikan uang kepada anak-anak seperti yang biasa dilakukan orang Indonesia saat Idul Fitri, makan bersama serta menyediakan jamuan makanan khas kepada tamu.

Menurut penduduk Mesir, ada alasan mengapa menyebut Idul Adha sebagai Idul Kabir. Saat Idul Adha semua umat islam bisa merasakan hewan kurban, tanpa memandang kemampuan seseorang.



Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA