Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Agu 2020 09:19 WIB

TRAVEL NEWS

5 Ide Kostum Karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Tim detikcom
detikTravel
Warga Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, punya cara unik nan menarik ramaikan HUT ke-74 RI. Salah satunya dengan berbusana unik saat ramaikan pawai kemerdekaan.
Foto: Wisma Putra/5 Ide Kostum Karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus
Jakarta -

Hari kemerdekaan Indonesia biasanya identik dengan pelaksanaan upacara bendera, pagelaran pawai atau karnaval, dan lomba-lomba. Bicara tentang pawai yang paling menyita perhatian adalah kostum karnaval para pesertanya. Karena itu, peserta karnaval pasti berlomba-lomba mencari model kostum terbaik dan terunik.

Namun untuk tahun ini karena pandemi COVID-19, acara pawai karnaval 17 Agustus tidak bisa dilakukan. Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat konferensi pers yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, pada Senin (6/7/2020), menyebutkan awalnya ada pawai internasional pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Namun karena adanya pandemi corona, acara pawai diganti dengan lomba video menghias kampung. Hasil karya dapat dikirim ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Meski pawai hari kemerdekaan Indonesia pada tahun ini ditiadakan, namun ide kostum-kostum karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus di bawah ini bisa disimak.

Berikut ide kostum karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus:

1. Kostum Karnaval Pakaian Adat

Para pemuda Pasuruan menggelar lomba Peraturan Baris-berbaris (PBB) dengan menggunakan pakaian adat Papua. Hal ini sebagai pesan cinta untuk Papua. Foto: Muhajir Arifin

Kostum-kostum karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang biasa dipakai yakni pakaian adat. Beragam pakaian adat disewakan kepada anak-anak dan orang-orang dewasa. Pakaian adat itu dari Sabang sampai Merauke, seperti pakaian adat dari Jawa Tengah, Bali, Papua, Aceh, Kalimantan Barat.

Penyewaan bisa dilakukan melalui butik sewa pakaian adat. Pemesanan bisa dilakukan secara online yakni lewat Instagram, situs, dan Google.


2. Kostum Karnaval Profesi

Dukungan bagi para petugas medis terus mengalir untuk memerangi Corona. Di Yogyakarta dilakukan peragaan busana APD sebagai bentuk apresiasi.Dukungan bagi para petugas medis terus mengalir untuk memerangi Corona. Di Yogyakarta dilakukan peragaan busana APD sebagai bentuk apresiasi. Foto: Jauh Hari Wawan S

Kostum profesi merupakan salah satu kostum karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang juga diburu saat pawai. Profesi yang diburu seperti dokter, pahlawan, petani, perawat, polisi, dan nelayan. Kostum tersebut terlihat sederhana, namun dapat mengajarkan profesi-profesi yang berjasa bagi bangsa.

3. Kostum Karnaval dari Bahan Bekas

Kostum karnaval bisa dibuat sendiri dan tidak perlu sewa. Kita dapat membuat sendiri kostum karnaval dari bahan bekas. Di sini diperlukan kreativitas untuk membuatnya.

Bahan-bahan bekas yang dibuat antara lain mulai dari sisa kain, plastik, gabus, spon, kardus, dan sebagainya. Kostum yang dihasilkan dapat berupa kostum unik seperti Nyi Roro Kidul, legendaris dari tanah Jawa. Seperti yang dilakukan siswa SMK Batik Perbaik Purworejo, Jawa Tengah, pada acara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia.

4. Kostum Karnaval Superhero

sFoto: Satria Dewa GatotKaca / dok SDS

Kostum karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang biasanya dipakai yakni kostum karnaval superhero. Tentunya yang dipakai superhero dari Indonesia yang akan membuat kita mencintai superhero bangsa sendiri. Sebut saja superhero bangsa Indonesia antara lain Gatot Kaca, Gundala, dan Si Buta dari Gua Hantu.

5. Kostum Karnaval Pejuang Kemerdekaan

Kostum karnaval Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang tidak boleh terlewat yakni kostum pejuang kemerdekaan. Dengan mengenakan kostum pahlawan Indonesia tentu akan menumbuhkan rasa cinta pada Tanah Air dan pemahaman mengenai perjuangan yang dilakukan pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia.



Simak Video "Serunya Melihat Permainan Tradisional di Kampung Wisata Sinarmulya "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT