Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Agu 2020 08:05 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Belanja Diskon Indonesia Diharapkan Bisa Bantu Pulihkan Sektor Parekraf

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF) digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Acara ini untuk memeriahkan HUT RI ke-72.
Foto: Hari Belanja Diskon Indonesia (Agung Pambudhy)
Jakarta -

Hari Belanja Diskon Indonesia akan diselenggarakan mulai tanggal 14-30 Agustus 2020. Acara ini diharapkan bisa membantu perekonomian nasional.

Pandemi virus Corona telah memberikan dampak luar biasa kepada berbagai sektor, terutama pariwisata dan ekonomi kreatif. Saat pemberlakuan PSBB dan pengurangan jam kerja membuat kunjungan rekreasi hingga wisata belanja mengalami kerugian yang sangat signifikan.

"Kalau kita hitungan dari Bapenas, pandemi ini telah menggerus daya beli masyarakat hingga sekitar Rp 362 triliun dalam waktu 10 minggu hitungan akhir Maret hingga awal Juni," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesudibyo dalam jumpa pers Hari Belanja Diskon Indonesia 2020.

Ada berbagai strategi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membantu memulihkan kembali sektor ini dalam pandemi virus Corona. Pertama, pengelolaan krisis yang mengutamakan keselamatan pelaku usaha parekraf pekerja dan masyarakat

"Kedua percepatan dan stimulus untuk pemulihan sektor parekraf dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan dengan penguatan SDM dan usaha parekraf serta peningkatan kepercayaan pasar terhadap produk dan jasa parekraf, ketiga, penyiapan pasca COVID-19 dengan memperkuat ekosistem industri investasi dan digitalisasi untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan," lanjut Angela.

Hari Belanja Diskon Indonesia akan menawarkan berbagai promo dan diskon diberbagai retail, juga termasuk restoran hingga berbagai fitur layanan online. Salah satu tujuannya adalah untuk membangkitkan perekonomian Indonesia pada masa pandemi.

Angela berharap, dengan adanya belanja Hari Belanja Diskon Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), menjadi wadah bagi UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya. Selain itu memperkuat program pemerintah yang dikampanyekan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia 2020 yang sudah memasuki tahun keempat, dimana tema tagar belanja untuk Indonesia ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk memulihkan perekonomian nasional," kata Angela.

"Tentu ini juga mendukung acara Bangga Buatan Indonesia bagaimana produk Indonesia bisa dikenal di dalam negeri dan melancong ke mancanegara melalui Indo produk go global," kata Ketua Ketua Panitia Hari Belanja Diskon Indonesia Fetty Kwartati.



Simak Video "Pelaku UMKM Klaten Geruduk Rumdin Bupati Terkait Subsidi Rp 2,4 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA