Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Agu 2020 14:53 WIB

TRAVEL NEWS

Udah Kangen Liburan, tapi Tetap Pingin Aman? Ikuti 7 Poin Penting Ini

Yudistira Imandiar
detikTravel
Ilustrasi tempat hiburan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah membelenggu berbagai kegiatan masyarakat, seperti berlibur ke tempat wisata. Selepas menjalani karantina mandiri beberapa bulan, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) masyarakat punya sedikit kelonggaran untuk berlibur.

Kelonggaran yang diberikan itu hendaknya tidak membuat abai akan keselamatan. Menghindari penyebaran COVID-19 harus jadi pertimbangan prioritas saat berlibur di tempat wisata.

Ada sejumlah kebiasaan yang tidak boleh ditanggalkan ketika mengunjungi tempat wisata. Pakai masker dan jaga kebersihan menjadi keharusan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Untuk berlibur di masa pandemi, ada tujuh poin yang mesti dipenuhi wisatawan, seperti diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pertama, wisatawan harus memastikan dirinya sehat. Jangan memaksakan pergi jika mengalami gejala demam, batuk, pilek, nyeri tengorokan, dan sesak nafas. Ketentuan berikutnya, wisatawan wajib menggunakan masker di lokasi wisata. Kemudian, kebersihan tangan wajib dijaga dengan mencuci tangan di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Poin berikutnya, hindari menyentuh area wajah, meliputi hidung, mulut, dan mata. Selain itu, ingatlah untuk selalu menjaga jarak dengan orang di sekitar. Segera mandi dan berganti pakaian setelah sampai rumah menjadi ketentuan berikutnya. Terakhir, bersihkan barang bawaan, seperti handphone, kacamata, tas, dan lainnya dengan cairan disinfektan.

Protokol kesehatan tersebut tidak hanya ditujukan kepada pengunjung tempat wisata. Pengelola dan petugas di lokasi wisata punya kewajiban yang sama dalam hal menerapkan protokol kesehatan dan memastikan keselamatan bagi pengunjung maupun pekerja.

Di masa AKB, kamu sudah bisa merencanakan liburan bareng orang-orang terdekat. Pastikan tempat yang akan kamu kunjungi menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran. Dengan begitu kamu bisa berwisata dengan aman dan selamat, pikiran pun kembali segar untuk kembali menjalani rutinitas.

(prf/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA