Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Agu 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Semarang Jadi Saksi Sejarah Kereta Api Pertama di Indonesia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta jarak jauh reguler per hari ini. di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (12/6/2020).
Ilustrasi kereta api (Agung Pambudhy/detikFOTO)
Jakarta -

Kereta Api Indonesia (KAI) telah beroperasi selama 153 tahun. Semarang menyimpan sejarah kereta api itu dengan baik, lo traveler.

Menurut rujukan naskah yang banyak diambil dari buku Spoorwegstasion op Java, mengutip dari laman koran Kompas, yang dipaparkan oleh pemerhati perkeretapian, Djoko Setijowarno, kereta api pertama di Indonesia beroperasi pada tanggal 10 Agustus 1867 dari Semarang ke Tanggung. Lokasi operasional kereta api ini berada di Semarang dan hingga sekarang masih ada.

"Kereta pertama berada di Semarang. Ini menjadi perhatian kita bersama, sampai saat ini mungkin banyak yang tidak tahu lokasinya itu dimana, ini sebenarnya kalau mau digali lebih dalam lagi ini menjadi sejarah perkereta apian Indonesia sejarah pertamanya di Semarang, lokasinya sampe sekarang pun masih ada hanya ini perlu banyak perbaikan," kata Djoko dalam Webinar "Transportasi untuk Merajut Keberagaman Eps 1 Moda Kereta Api."

Pembangunan stasiun dan jalur relnya berlangsung selama tiga tahun. Pencangkulan pertama dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda LAJW Baron Sloet va Beele.

"Pembangunan kereta api saat itu tidak mudah juga antara 20-30 tahun perdebatan untuk bangun jalur kereta di Jawa karena pada saat itu ada sebagian kelompok yang masih mempertahankan bangun jalur jalan raya," kata Djoko.

Semarang menjadi jalur pertama yang dibangun. Dioperatori oleh perusahaan swasta Belanda, Nederlandsh-Indische Spoorweg Maatstchappij (NIS). Kota ini menjadi saksi sepenggal sejarah panjang perkeretaapian Indonesia.

"Semarang pernah ada tiga stasiun kereta menghubungkan wilayah barat ke Cirebon ke timur ke selatan cuma yang sekarang operasi hanya Stasiun Poncol dan Stasiun Bawang, sementara stasiun yang ke Pantura tidak beroperasi lagi," kata Djoko.

Menurut Djoko, lokasi pertama sejarah Kereta Api Indonesia ini bisa menjadi kawasan wisata di Semarang. Hal ini bisa dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kalau lokasinya diperbaiki ini menjadi tujuan wisata yang cukup bagus. tapi ini tidak hanya Kemenhub mungkin bisa bekerja sama dengan Kemenpar untuk membuka kereta pertama di Semarang ini menjadi daerah wisata," kata Djoko.

"Sekarang kota lama juga cukup bagus dan nanti berkaitan juga dengan pengembangan jalur wisata untuk kereta api, dimana di sana adalah jalur pertama yang dibangun," Djoko menambahkan.



Simak Video "Rail Express KAI Perkuat Distribusi Logistik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA