Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Agu 2020 19:14 WIB

TRAVEL NEWS

Bromo Belum Buka, Tunggu Rekomendasi 4 Kepala Daerah

Hilda Meilisa Rinanda
detikTravel
Gunung Bromo yang Bikin Rindu
Foto: Gunung Bromo (Rizna Feramerina/d'Traveler)
Surabaya -

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) hingga kini masih belum buka. Pembukaan kembali Bromo menunggu rekomendasi dari 4 kepala daerah.

Diketahui, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) itu terletak di empat wilayah yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Wajar bila rekomendasi 4 kepala daerah yang ada di sekitarnya jadi penting.

"Bromo itu belum dibuka karena memang sangat hati-hati KLHK, menunggu bagaimana respons dari Kabupaten kota yang ada di sana," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jawa Timur, Sinarto kepada detikcom di Surabaya, Kamis (13/8/2020).


Sinarto menambahkan rekomendasi dari empat kepala daerah ini penting. Jika ada salah satu kepala daerah yang belum merekomendasikan, tentu pihak pengelola tak akan membuka kawasan wisata ini untuk wisatawan. "Kalau ada salah satu bupati yang belum merekomendasikan maka belum bisa dibuka," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Sinarto menyebut pihaknya juga tengah menyiapkan bagaimana protokol kesehatan di sana. Dia ingin wisatawan bisa berlibur menikmati keindahan Bromo, namun tetap terjamin kesehatan dan keselamatannya dari ancaman wabah COVID-19.


Sebelumnya, diketahui kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mulai ditutup akibat pandemi COVID-19 sejak 19 Maret 2020. Penutupan ini merupakan langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona pada daerah tujuan wisata. Terhitung sejak bulan Maret sampai sekarang, kawasan Bromo sudah tutup selama lebih dari 5 bulan.

"Saya kemarin sudah rapatkan, jadi Bromo itu sangat bagus merespon kondisi kabupaten yang ada di sekitar itu. Kalau bupatinya sudah bisa menyiapkan secara bagus untuk menjamin kesehatan perjalanan wisatawan masuk Bromo kami juga ingin cepat buka," lanjut Sinarto.



Simak Video "Dibuka Kembali, Berikut Peraturan Wisata Gunung Bromo"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA