Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pesona Alam Bukit Belik Waru Trenggalek

Adhar Muttaqin
detikTravel
Bukit Belik Waru di Trenggalek
Bukit Belik Waru di Trenggalek (Adhar Muttaqin/detikTravel)
Trenggalek -

Meski di tengah pandemi Corona, geliat wisata alam rintisan Trenggalek terus tumbuh. Salah satunya Bukit Belik Waru, yang menyajikan eksotisme alam.

Lokasi wisata Bukit Belik Waru berada di lereng perbukitan di Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari, Trenggalek, Jawa Timur. Di lokasi wisata rintisan tersebut pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam dan fasilitas pendukungnya. Hamparan pemandangan pedesaan di Kecamatan Gandusari dapat terlihat dari atas bukit.

"Teman-teman pokdarwis saling bergotong royong untuk mewujudkan kawasan ini menjadi destinasi yang menarik, salah satunya dengan membangun rumah pohon ini," kata tokoh masyarakat Wonoanti, Tarkiyat, Jumat (14/8/2020).

Tak hanya itu saja, area yang ada di kawasan Perhutani ini juga memiliki panorama yang menarik, karena berada di antara hutan pinus. Sejumlah hammock hingga tempat duduk juga disiapkan untuk wahana bersantai para pengunjung.

"Ini masih terus kami kembangkan bersama, nantinya di atas itu akan kami jadikan kebun buah serta tempat kamping," ujarnya.

Tarkiyat mengakui masih ada sejumlah pekerjaan yang harus dituntaskan agar wisata Bukit Belik Waru bisa lebih maksimal. Terutama menyangkut akses menuju lokasi, sebab saat ini hanya bisa diakses dengan sepeda motor atau sepeda.

"Tapi ini justru menarik bagi para pencinta motor trail dan olahraga sepeda," dia menambahkan.

Tak hanya itu, pokdarwis akan mengajukan perjanjian kerjasama dengan Perhutani, selaku pemilik lahan. Sehingga, proses pengembangan akan lebih maksimal dan bisa disentuh dengan anggaran pemerintah kabupaten maupun desa.

"Kami juga sudah komunikasi dengan kepala dinas pariwisata, mereka siap untuk mendukung pengembangan wisata ini," dia menjelaskan.

Sementara itu, anggota Komisi 1 DPRD Trenggalek Syah Mohammad Natanegara mendorong agar pemerintah daerah untuk turut serta mengembangkan potensi wisata alam lokal. Sehingga, perekonomian masyarakat di sekitarnya dapat ikut terangkat.

"Kemudian tadi pihak desa juga menyampaikan, jika saat ini masih ada kendala terkait PKS atau perjanjian kerjasama dengan Perhutani. Ini akan coba kita bantu agar segera klir," katanya.

Salah seorang pengunjung Aqila Ratna mengaku terkesan dengan adanya destinasi Bukit Belik Waru tersebut, karena memiliki pemandangan alam yang indah dan tak kalah dengan wisata lain. "Dipakai foto-foto juga keren," ujar Aqila.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA