Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Dinosaurus Mirip Tyrex Ditemukan di Inggris

Femi Diah
detikTravel
Tulang-tulang yangd itemukan milik hewan yang mirip Tyrex
Tulang-tulang yang ditemukan milik dinosaurus yang mirip Tyrex (CNN)
Jakarta -

Spesies baru dinosaurus yang mirip dengan Tyrannosaurus rex (Tyrex) ditemukan di Inggris. Panjangnya mencapai 4 meter.

Hasil penelitian itu diumumkan oleh ahli paleontologi di Universitas Southampton. Dikutip dari CNN pada Kamis (13/8/2020), pata peneliti itu menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari empat tulang yang ditemukan tahun lalu di desa Shanklin, di Pulau Wight, di lepas pantai selatan Inggris.

Ahli palaentologi itu akhirnya menentukan bahwa tulang tersebut berasal dari leher, punggung, dan ekor dinosaurus baru "yang sebelumnya tidak diketahui sains"," begitulah rilis dari universitas.

Dinosaurus itu memiliki panjang sekitar 4 meter dan merupakan jenis dinosaurus theropoda, sekelompok karnivora yang biasanya berjalan dengan dua kaki, bukan empat, termasuk Tyrex. Dinosaurus jenis itu hidup di periode Cretaceous, sekitar 115 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan menamai dinosaurus itu Vectaerovenator inopinatu. Nama dinosaurus baru yang mirip Tyrex itu itu mengacu pada kantung udara besar di beberapa tulang, yang biasa terlihat di theropoda. Kantung udara itulah yang membantu para peneliti mengidentifikasi spesies tersebut.

Kantung udara itu juga terlihat pada burung modern. Ahli palaentologi menyebut kantong udara itu besar kemungkinan membantu menciptakan sistem pernapasan yang efisien pada dinosaurus tersebut, sekaligus membuat kerangka lebih ringan.

"Kami terkejut melihat adanya rongga di hewan ini, penuh dengan ruang udara. Bagian kerangkanya pasti agak rapuh," kata Chris Barker, seorang mahasiswa PhD di universitas yang memimpin penelitian.

"Catatan dinosaurus theropoda dari periode pertengahan Cretaceous di Eropa tidak terlalu bagus, jadi sangat menarik untuk dapat meningkatkan pemahaman kita tentang keragaman spesies dinosaurus sejak saat ini," dia menambahkan.

Keempat tulang tersebut ditemukan oleh tiga kelompok berbeda tahun lalu. Paul Ferrel, penduduk kota Isle of Wight di Ryde dan dua kelompok lainnya memang pemburu fosil.

"Saya sedang berjalan di sepanjang pantai, menendang batu dan menemukan apa yang tampak seperti tulang dari dinosaurus. Saya sangat terkejut mengetahui itu bisa menjadi spesies baru," kata Farrell.

Studi itu menegaskan bahwa tulang-tulang yang terpisah itu kemungkinan besar dari dinosaurus yang sama. Peneliti berspekulasi bahwa bangkai dinosaurus hanyut ke laut dangkal di dekatnya.

Temuan tim akan dipublikasikan di jurnal Papers in Palaeontology. Tulang-tulang yang ditemukan itu akan dipajang di museum.



Simak Video "Ngeri! Ini Dia Beragam Teori tentang Kemusnahan Hidup di Muka Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA