Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Agu 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Spesies Baru Ditemukan di Vietnam, Diberi Nama David Attenborough

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Macro of pregnant female Praying Mantis or Mantis Religiosa in a natural habitat. It looking at the camera and sits on the Magnolia Susan leaves.
Ilustrasi Belalang Sembah (Getty Images/iStockphoto/Marina Denisenko)
Hanoi -

Spesies baru belalang sembah ditemukan di Vietnam. Dia diberi nama seperti pembawa acara dokumenter terkenal David Attenborough.

Sekelompok peneliti dari Belgia berhasil menemukan spesies baru Belalang Sembah saat melakukan ekspedisi di Pegunungan Annamite, Vietnam. Spesies baru ini diberi nama Titanodula attenboroughi.

Dihimpun detikTravel dari beragam sumber, Sabtu (158/2020), nama penunjuk spesies 'attenboroughi' yang disematkan kepada si belalang sembah itu diambil dari nama pembawa acara sekaligus narator film dokumenter ternama, Sir David Attenborough.

Para peneliti dari The Royal Belgian Society of Entomology menyebut penamaan spesies baru seperti nama Sir David Attenborough tersebut, merupakan bentuk penghormatan terhadap Attenborough yang sudah puluhan tahun malang melintang di dunia konservasi.

Sir David Attenborough: Presenter senior BBC ingin gubah ulang musik gamelan Bali jadi musik dansaSir David Attenborough Foto: BBC Magazine


Sir David Attenborough bisa jadi adalah seorang 'Naturalist' paling dicintai di planet ini. Namanya sejajar dengan Jane Goodall dan tokoh-tokoh dunia konservasi ternama lainnya.

Di usianya yang sudah mencapai 94 Tahun, Sir David Attenborough masih aktif menjadi narator film-film dokumenter bertemakan satwa liar dan konservasi.

Para peneliti dari Belgia itu mendeskripsikan Titanodula attenboroughi sebagai spesies belalang sembah dengan ukuran badan yang besar dan tegap.

Kepalanya berbentuk segitiga dengan bentuk antena filiform. Sedangkan bagian badannya (protonum) sangat tegap dengan permukaan dorsal yang mulus.

Salah satu ciri pembeda yang nampak secara signifikan dari spesies baru ini adalah pada bagian alat kelamin jantannya, bila dibandingkan dengan jenis Belalang Sembah lainnya. Spesies itu pun dimasukkan ke dalam genus baru, yaitu Titanodula.

Sampai saat ini, sudah ada 20 spesies dan genus hewan yang dinamai seperti nama Sir David Attenborough. 20 Spesies itu ada yang masih hidup, namun ada juga yang sudah punah. Semua hewan tersebut dinamakan seperti itu untuk menghormati jasa besar Sir David Attenborough.



Simak Video "Tak Ada Kasus Baru Covid-19, Vietnam Kembali Buka Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA