Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Agu 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Muja Aligator Tertua di Dunia Rayakan Ultah!

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Muja, Aligator tertua di dunia
Foto: Muja, Aligator tertua di dunia (Andrej Isakovic/ AFP)
Jakarta -

Perkenalkan, ini Muja, aligator tertua di dunia. Akan tetapi, usianya yang semakin bertambah membuat pergerakannya melambat.

Dikutip dari Malay Mail, Muja, aligator yang telah berusia lanjut ini tak pernah meninggalkan kebun binatang di Belgrade, Serbia selama 83 tahun. Penjaga kebun binatang tak tahu persis kapan hari hewan ini menetas, namun dia tiba di Kebun binatang pada bulan Agustus tahun 1937.

"Dia jantan yang lebih tua dan kami menghormati usianya," kata dokter hewan kebun binatang, Jozef Edvedj kepada AFP, sambil tersenyum setelah petugas membantu meletakkan tikus mati ke rahang reptil yang telah bergerak lambat tersebut.

Tak diketahui secara pasti, namun menurut laporan, Muja berusia dua tahun saat tiba di Beograd, setahun setelah kebun binatang itu dibuka. Tapi, foto-foto yang tertera pada laporan menunjukkan Muja lebih tua dari usia dua tahun. Penjaga kebun binatang mempercayai kalau umurnya sekarang sudah lebih dari 90 tahun.

Muja telah melewati perjalanan panjang dalam hidupnya, termasuk pemboman Perang Dunia II yang menewaskan banyak hewan, termasuk enam penjaga kebun binatang. Selama bertahun-tahun, Muja hidup di kolam sebesar 12x7 meter yang dangkal dan sederhana.

Muja, Aligator tertua di duniaMuja, Aligator tertua di dunia Foto: (AFP)

Hingga kini, Muja dalam kesehatan yang baik untuk usianya, walaupun pada tahun 2012, cakar kanannya harus diamputasi karena gangren atau kematian jaringan karena infeksi atau kurangnya aliran darah.

"Operasi itu sangat sulit, tapi berhasil. Muja pulih dan menjalani hidup yang baru," kata Edvedj.

Usianya yang sudah begitu lanjut membuat Muja tidak banyak bergerak. Namun ia menjadi lincah saat makan yang hanya diberikan sekali atau dua kali dalam sebulan. Dia membutuhkan sedikit bantuan untuk menemukan makanan yang ditempatkan di depan rahangnya.

Muja, Aligator tertua di duniaMuja, Aligator tertua di dunia Foto: (AFP)

Menurut Edvedj makanan yang diberikan kepada Muja yaitu berupa tikus, kelinci, burung, daging kuda dan daging sapi. Menjadi hewan berdarah dingin membuat metabolisme Muja menghambat kerusakan sel dan memperpanjang hidupnya.

"Saya benar-benar berharap kami bisa merayakan ulang tahunnya ke-100, karena saya yakin dia bisa hidup dengan nyaman selama 15-20 tahun lagi," kata dia.



Simak Video "Pedagang di Peru Sumbang Makanan ke Kebun Binatang"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA