Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 22 Agu 2020 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Gede Pangrango Uji Coba Buka untuk Pendakian

Femi Diah
detikTravel
Gunung Agung Sebelum Erupsi, foto-foto milik dTraveler:

I Gede Leo Agustina
Andik Setiawan
Dinan Nurhayat
Albertus Widiantoro
Pnedakian Gunung Gede Pangrango dibuka lagi. (I Gede Leo Agustina/d'Traveler)
Jakarta -

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dibuka lagi untuk pendakian saat pandemi virus Corona. Itu dengan status uji coba.

Pembukaan rute pendakian Gunung Gede dimulai Kamis (21/8/2020). Para pendaki hanya bisa mendapatkan surat Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) secara langsung di Balai Taman Nasional Gunung Gede Pengrango.

Rencananya, rute pendakian Gunung Gede itu dibuka selama empat hari, dari Kamis hingga Minggu (23/8). Di hari pertama dan kedua itu, pendakian per hari rata-rata dilakukan oleh sekitar 50 orang dari kuota 600 pendaki.

"Uji coba itu untuk menjajal protokol kesehatan COVID-19. Andai tidak ada kasus virus Corona dari pendakian empat hari nanti, pembukaan rute pendakian akan dilanjutkan," kata Ardiansyah, penngurus Koperasi Cantigi, dalam perbincangan dengan detikTravel, Sabtu (22/8).

"Di hari pertama, sekitar 50 pendaki yang naik. Dari pantauan kami, sejauh ini aman," kata pria yang akrab disapa Uyung itu.

Ardiansyah menyebut protokol kesehatan pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango itu mewajibkan pendaki membawa masker. Masker diwajibkan dipakai saat pendaki sampai di pos pendakian dan tempat camp. Tapi, masker tidak disarankan dipakai saat treking.

Selain masker, pendaki diminta untuk menambah bekal dengan handsantizer dan disinfektan. Selain itu, KTP juga wajib dibawa sebagai syarat mendapatkan Simaksi.

Uyung pengurus koperasi Cantigi, CibodasUyung pengurus koperasi Cantigi, Cibodas Foto: dok. pribadi

Untuk mendapatkan simaksi, pendaki diminta membayar tiket sebesar Rp 34 ribu. Selain itu, ada biaya surat sehat sebesar Rp 25 ribu. Andai pendaki menggunakan base camp untuk beristirahat, ada biaya tambahan sebesar Rp 31 ribu.

"Untuk paket sama basecamp biaya totalnya Rp 90 ribu. Tes kesehatannya dilakukan di sini, jadi pendaki tidak perlu membawa surat kesehatan dari dokter pribadi," ujar Uyung.

Gunung Gede Pangrango membuka tiga jalur pendakian, yakni Jalur Cibodas, dan Jalur Gunung Putri Cianjur, serta Jalur Selabintana Sukabumi.



Simak Video "Inilah Hamparan Kesejukan yang Tak Jauh dari Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA