Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Agu 2020 15:17 WIB

TRAVEL NEWS

Komodo Sudah Buka, Penyelam Asal Jakarta Rame-rame Nyemplung

Aerial view of the island Pulau Padar at the famous Komodo National Park in Indonesia. Komodo is world wide famous for the beautiful underwater life, the diving sites and the Komodo dragon. Secluded white sand beaches also spot the islands of the archipelago.
Pemandangan Pulau Padar di Taman Nasional Komodo yang keren Foto: (iStock)
Jakarta -

Salah satu lokasi favorit selam di Indonesia, Taman Nasional Komodo sudah buka sejak 15 Agustus. Para penyelam terutama dari Jakarta sudah mulai menyelam lagi.

Hal itu disampaikan Manager iDIVE Komodo Marcia Stephanie dalam webinar yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti dilihat detikcom, Sabtu (22/8/2020).

"Kalau Komodo sudah buka, thankfully, sejak 15 Agustus, di minggu ini turis domestik sudah mulai berdatangan dan market yang besar memang dari Jakarta mulai jalan mulai banyak, mungkin karena ada tanggal merah dan kejepit jadi banyak divers ke sini," ujarnya.

Marcia mengatakan pihaknya mencoba menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona dari sesama penyelam di Taman Nasional Komodo.

"Kami sejak pandemi kemarin sudah mengikuti webinar, ada prosedur yang sudah dijelaskan dari agency dan kita mengikuti protokol itu, kami menjalani sebaik mungkin, se-strict mungkin tapi mungkin sulit setelah diving pakai masker tapi so far tamu nyaman," ujarnya.

Dari peselam yang diasuhnya, kebanyakan membawa peralatan menyelam sendiri, kalau pun mereka tidak membawa peralatan sendiri, pihaknya akan memastikan peralatan menyelam seperti regulator, mouthpiece dan lainnya dalam kondisi yang steril untuk disewakan kepada peselam di Komodo.

Traveler yang ingin ke Taman Nasional Komodo harus memperhatikan siapa saja yang boleh masuk ke Taman Nasional Komodo. Menurut TN Komodo, pada fase kedua yang dibuka pada 15 Agustus, Komodo kini terbuka untuk wisatawan nusantara/domestik dan ekspat dengan catatan terbuka untuk WNI dan kalangan ekspat yang telah tinggal di Indonesia sejak Maret 2020 atau lebih awal.

TN Komodo juga memberlakukan pemesanan tiket dengan sistem online melalui registration.labuanbajoflores.id. Namun, ada sejumlah situs diving yang dibatasi atau diberi kuota. Contohnya seperti Batu Bolong, Karang Makassar, Siaba Besar dan Mauwan. Di luar itu, tidak ada kuota khusus.

Lebih lanjut, wisatawan diminta untuk mengikuti protokol Clean Health Safety atau CHS ketika mengunjungi TN Komodo. Yang tak kalah penting, hasil negatif Rapid Test/PCR juga diperlukan. Adapun, hasil rapid/PCR test yang dianggap valid di TN Komodo adalah selama 14 hari sejak waktu pengambilan test. Melewati waktu berlaku, hasil test tak lagi dianggap valid.

(ddn/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA