Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Agu 2020 12:22 WIB

TRAVEL NEWS

Ngobeng Ikan, Cara Warga Ciamis Habiskan Long Weekend

Ngobeng ikan di Ciamis.
Tradisi Ngobeng ikan di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis -

Mengisi libur panjang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti anak-anak di Ciamis, mengisinya dengan 'ngobeng' atau menangkap ikan pakai tangan kosong.

Seperti terlihat anak-anak di Tegal Panjang Lingkungan Sikuraja, Kelurahan Linggasari, Ciamis, ini terlihat asyik mencari ikan di saluran irigasi yang telah dibendung, Minggu (23/8/2020).

Aneka ikan puluhan kilogram tersebut sengaja ditanam untuk ditangkap. Kegiatan ngobeng ini digelar oleh Karang Taruna masih dalam rangkaian Agustusan. Tak hanya anak-anak, remaja dan ibu-ibu juga mengikuti ngobeng ini.

Ada yang mahir menangkap ikan dengan tangan kosong sampai memperoleh 5-10 ekor. Namun, ada juga yang tidak mendapat satu ikan pun. Dari mereka juga ada yang melakukan kerjasama, dengan cara mengepung ikan dengan membuat sebuah lingkaran.

Ngobeng ikan di Ciamis.Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi waktu libur (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Kegiatan ini dimulai dari pagi sampai siang. Bagi yang memperoleh ikan paling banyak, tak hanya membawa pulang hasil tangkapannya juga mendapat penghargaan dari panitia. Sedangkan ada ikan bertanda khusus yang bila tertangkap akan mendapat hadiah.

Ngobeng merupakan kegiatan yang biasa ada saat Agustusan atau setelah hari raya seperti Idul Fitri. Ngobeng ini banyak dilakukan hampir di setiap daerah di Kabupaten Ciamis.

"Kegiatan ngobeng ini biasa digelar setahun sekali atau 2 kali, saat agustusan atau setelah lebaran. Dalam rangka memeriahkan Agustusan sekaligus mengisi libur panjang. Tidak pergi ke tempat wisata jadi mengikuti ngobeng," ujar Triyana, salah seorang pemuda di Lingkungan Sikuraja.

Sementara itu, Raka Putra Pratama (10), mengaku telah mendapat 7 ekor ikan mas dengan ukuran sedang. Raka selalu mengikuti ngobeng yang digelar setiap tahun. Ia mengaku senang dengan kegiatan ini.

"Senang, ramai bisa bermain air tapi dapat ikan juga. Memang sedikit susah karena pakai tangan kosong. Tapi karena airnya semakin keruh ikan jadi lebih mudah dicari. Ikannya mau digoreng buat makan," ungkapnya.

Menarik sekali ya kreatifitas warga di Ciamis. Kalau traveler, bagaimana menghabiskan libur long weekend pekan ini? Semoga tak kalah seru ya.



Simak Video "Pemkab Ciamis Targetkan Vaksinasi COVID-19 pada 118 Ribu Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA