Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Agu 2020 16:12 WIB

TRAVEL NEWS

25 Thermogun Rusak, Pengunjung yang Masuk Malioboro Hanya Didata

Pradito Rida Pertana
detikTravel
pengunjung malioboro
Situasi terkini di Malioboro, Yogyakarta (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Sebanyak 25 unit thermogun untuk mengecek suhu badan pengunjung Malioboro rusak. Pengunjung pun tak diperiksa suhu badannya untuk memasuki kawasan primadona wisata Yogyakarta itu.

Ketiadaan thermogun membuat pengunjung cuma melewati protokol kesehatan COVID-19 dengan mencuci tangan dan meminta pengunjung mengisi data melalui gawai saat memasuki Malioboro.

Pantauan detikcom, beberapa pengunjung patuh mencuci tangan di gerbang Malioboro sebelah utara, tepatnya di pedestrian sisi timur.

Selanjutnya, pengunjung tampak hanya diarahkan petugas Jogoboro untuk melakukan scan barcode melalui gawainya masing-masing. Selesai melakukan hal tersebut pengunjung baru diperbolehkan masuk kawasan Malioboro.

"Dari Maret sampai sekarang ada 25 thermogun yang nggak mampu, rusak. Saat ini kami sedang proses pengusulan pengadaan," kata Kepala UPT Malioboro, Ekwanto, dikonfirmasi wartawan, Sabtu (29/8/2020).

pengunjung malioboroPengunjung di Malioboro Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Lanjutnya, untuk pengadaan thermogun baru di Malioboro, Ekwanto menjelaskan, masih dalam proses. Sebab, pengadaan barang harus melalui mekanisme anggaran.

"Dari pemerintah langsung beli kan nggak bisa. Pakai mekanisme anggaran. Harus nunggu," ujarnya.

Thermogun biru rusak karena sering dipakai, apalagi jumlah pengunjung Malioboro tidak sedikit. Kendati demikian, dia mengaku masih ada tiga thermogun yang dapat dipergunakan.

"Saat ini masih 3 dan dipakai gantian. Selain itu sempat ada yang rusak 8 (beberapa waktu lalu) tapi diperbaiki terus 3 hari rusak lagi," kata dia.

Ekwanto menambahkan jumlah pengunjung di Malioboro saat ini sekitar 2.000 orang per hari. Jumlah tersebut sudah meningkat meski belum di atas kuota wisatawan di Malioboro yaitu 2.500 wisatawan dalam satu waktu yang terbagi lima zona dengan masing-masing zona 500 orang.



Simak Video "1 Pedagang di Malioboro Meninggal, Hasil Tes Positif COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA