Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 08:44 WIB

TRAVEL NEWS

Pilot Juga Menyempatkan Wisata di Sela Bertugas

Ilustrasi Pilot
Ilustrasi pilot (iStock)
Jakarta -

Kerap bepergian lintas udara, profesi pilot tak ubahnya dengan traveler pada umumnya. Jika ada kesempatan di sela tugas, jalan-jalan jadi pilihan.

Pengalaman itu diungkapkan oleh dua pilot Garuda Indonesia, Kapten Ahmad Gunawan, selaku PIC sekaligus kapten 737800NG Garuda Indonesia dan First Officer (FO) Alan Darmasaputra dalam sebuah wawancara eksklusif dengan detikTravel, Rabu (26/8/2020).

Kerap membawa penumpang bepergian dari satu titik ke destinasi wisata lain di dalam dan luar negeri, juga tak dilewatkan oleh keduanya untuk menikmati destinasi di tempat tujuan.

"Tergantung ya, kalau tujuannya merupakan daerah wisata di mana biasanya teman-teman dari awak kabin atau FO ingin mencoba menikmati tempat wisata tersebut biasanya kita ikutan di satu grup, tentunya dengan memperhatikan waktu istirahat kita," ujar Kapten Ahmad.

Hanya sebagai seorang profesional, Kapten Ahmad juga tidak abai dengan kondisi badan dan profesinya sebagai seorang pilot.

"Biasanya kalau waktunya cukup kemudian nyampenya siang biasa kita manfaatin untuk keliling atau menikmati wisata, tapi kalau waktunya singkat lebih ke memanfaatkan waktu untuk istirahat," tambah sang pilot senior yang telah menggeluti dunia pilot sejak tahun 1994 silam.

Senada dengan Kapten Ahmad, FO Alan juga tak melewatkan kesempatan untuk berwisata di destinasi tujuan kala jeda bekerja sebagai pilot.

"Kalau kita di daerah dan waktunya cukup biasanya kita keliling untuk beli makanan bersama-sama, atau kalau istirahatnya tidak mencukupi kita kembali ke hotel untuk istirahat," kata Alan.

Sebagai pilot maskapai nasional, keduanya memang telah banyak melintang baik ke dalam dan luar negeri. Bahkan bisa dibilang kalau keduanya telah keliling dunia.

"Paling jauh mungkin ke Hong Kong atau Perth. Terpendek selain Jakarta - Tanjung Karang juga ada rute yang pernah saya terbangkan Denpasar ke Lombok, itu lebih singkat lagi," ujar Kapten Ahmad.

"Penerbangan saya paling jauh dari Bangkok menuju Mumbai, paling pendek sama Jakarta - Tanjung Karang atau Denpasar - Lombok," tutur FO Alan.

Itulah sedikit cerita dari Kapten Ahmad dan FO Alan soal traveling dengan profesi mereka sebagai pilot. Asyik dan menarik ya traveler!



Simak Video "Puncak Bogor Diguyur Hujan Sejak Dini Hari, Bendung Katulampa Siaga 3"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA