Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 16:00 WIB

TRAVEL NEWS

Telanjang di Sungai Gangga, Wanita Muda Asal Prancis Ditangkap

Syanti Mustika
detikTravel
Jembatan Laksman Jhula
Jembatan Laksman Jhula di India Foto: (BBC/Getty Images)
New Delhi -

Kelakuan turis ini tak patut ditiru. Dia dituduh telanjang di salah satu ikon suci di India, Sungai Gangga, dan menghadapi tuntutan 3 tahun penjara.

Diberitakan BBC, Senin (31/8/2020) seorang turis asal Perancis harus berurusan dengan kepolisian India. Hal ini dikarenakan aksi telanjangnya di salah satu jembatan di Sungai Gangga.

Bermula dari beredarnya video turis Prancis yang merekam dirinya telanjang di Jembatan Laksman Jhula, salah satu jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Gangga. Video ini membuat resah dan marah orang India.

Karena jembatan ini adalah situs suci yang memang populer juga di kalangan wisatawan. Wanita berusia 27 tahun ini pun merekam dan mengambil beberapa foto. Saat ditanyakan oleh polisi, dia menjawab untuk mempromosikan bisnis perhiasannya.

Namun akhirnya wanita inipun dibebaskan dengan jaminan. Dia ditangkap pada hari Kamis lalu. Dan saat diinterograsi dia menjawab tidak tahu kalau tindakannya di Sungai Gangga ini ilegal India.

"Mungkin di Prancis hal-hal seperti ini tidak dipermasalahkan. Tapi Rishikesh adalah tempat suci dan Lakshman Jhula adalah tempat dewa Hindu Ram, saudaranya Lakshman dan istrinya Sita menyeberangi Sungai Gangga," ungkap RK Saklani, kepala kantor polisi setempat.

"Dia memberi tahu kami kalau dia menjual kalung perhiasan di internet dan syuting ini untuk mempromosikan bisnisnya," ujar Saklani.

Turis itu harus berhadapan dengan dakwaan undang-undang internet India dan bisa dijatuhi hukuman hingga tiga tahun penjara jika memang terbukti bersalah.

Identitas Turis

Sementara itu mengutip AFP, identitas turis wanita itu adalah Marie-Helene yang berusia 27 tahun. Mengawali pernyataannya dia mengatakan dirinya menyesal dan tidak tahu mengenai kearifan lokal daerah setempat. Namun dia membantah benar-benar telanjang dan aksi itu menurut dia hanya sebuah aksi untuk menarik perhatian masyarakat akan masalah yang lebih penting di India yakni pelecehan seksual.

Dia pun mengatakan aksinya itu dilakukan saat tidak ada orang di jembatan dan dia pun tidak sepenuhnya telanjang. "Saya memilih tubuh saya terbuka sebagian karena saya merasa setiap melewati jembatan ini saya sedang dilecehkan. Saudari-saudari India dan sesama traveler wanita pasti merasakan hal yang sama," tulis dia dalam pernyataan kepada AFP.

"Tujuan utamanya adalah membantu wanita India yang tertekan untuk mendapatkan pendidikan dan bisa meninggalkan perkawinan atau situasi yang abusive, dimana tidak ada pilihan lain atau tidak ada orang yang membantu," ujarnya.

Polisi kemudian melepaskan Marie-Helene dengan jaminan pada Kamis. Perlu nih traveler ketahui, jembatan Sungai Gangga ini tidak hanya sekedar situs suci saja bagi warga sekitar. Namun jembatan ini terkenal juga karena salah satu grup musik legendaris, The Beatles pernah menyeberangi jembatan ini pada tahun 1960-an. Semenjak itu jembatan semakin populer di kalangan turis.



Simak Video "Gadis 19 Tahun Meninggal Diperkosa 4 Pria Picu Protes di India"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA