Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Sep 2020 22:09 WIB

TRAVEL NEWS

Kereta Cepat di Prancis Bermasalah, Ribuan Penumpang Terlantar

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kereta Cepat di Prancis
Foto: Ilustrasi kereta cepat di Prancis (Ardan Adhi Candra/detikcom)
Bordeaux -

4 Kereta super cepat di Prancis mengalami kendala teknis. Akibatnya, ribuan penumpang terlantar tanpa ada makanan maupun air minum.

Kereta super cepat TGV yang jadi moda transportasi andalan di Prancis mengalami masalah. Tercatat ada 4 kereta yang mengalami kendala, dengan ribuan orang penumpang jadi korbannya.

Dilansir detikTravel dari AP, Rabu (2/9/2020), peristiwa tersebut terjadi di kawasan barat daya Prancis. 4 Kereta tampak mogok dan tidak bisa melaju di jalurnya. Peristiwa mogoknya kereta tersebut berlangsung hingga 20 jam lamanya.

Ribuan penumpang pun merasa ditelantarkan oleh pihak operator kereta TGV. Mereka sampai kekurangan makanan dan air minum selama menunggu proses perbaikan kereta. Tercatat beberapa orang penumpang sampai harus dievakuasi ke rumah sakit terdekat lantaran mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.


Para penumpang yang terdampak pun meluapkan kekesalan mereka di media sosial. Tampak beberapa orang penumpang membagikan foto yang menggambarkan betapa kacaunya situasi saat itu, seperti foto anak-anak yang tiduran di lantai kereta karena sudah tidak tahan lagi dengan keadaan kereta mogok itu.

Kereta tersebut bertolak dari Bordeaux menuju ke Paris dan kota-kota lain di sekitarnya. Namun karena mogok, perjalanan tersebut pun tidak bisa diteruskan lagi.

Para penumpang akhirnya dikembalikan ke titik keberangkatan mereka. Penumpang yang terdampak ada yang memilih melanjutkan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi lain, seperti bus dan kereta lainnya.


Otoritas yang menangani perkeretaapian di Prancis, SNCF pun meminta maaf atas kendala teknis tersebut. Dugaan sementara, kereta-kereta tersebut mengalami masalah di bagian kelistrikan sehingga mereka mogok tak mau jalan.

Menurut SNCF, mereka sedang melakukan perbaikan atas masalah tersebut. Namun kemungkinan kereta-kereta tersebut tidak akan bisa pulih sampai Selasa pagi ini. Investigasi internal tengah dilakukan untuk mencari penyebab masalah kelistrikan tersebut.

SNCF akan mengembalikan uang tiket yang sudah dikeluarkan oleh penumpang terdampak, sebesar 3 kali lipat dari harga tiket mereka. Mereka juga akan mendapat bantuan masker, makanan dan juga minuman, demikian kata Menteri Perhubungan Prancis, Jean-Baptiste Djebbari.

(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA