Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 03 Sep 2020 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Karakteristik, Iklim dan Daftar Negara di Benua Australia

Puti Yasmin
detikTravel
Bendera Australia (AFP Photo)
Foto: Bendera Australia (AFP Photo)/Karakteristik, Iklim dan Daftar Negara di Benua Australia
Jakarta -

Benua Australia berada di sisi Selatan negara Indonesia. Walaupun memiliki lokasi yang berdekatan, benua ini memiliki karakteristik dan iklim yang berbeda dengan Indonesia.

Benua yang dikenal dengan nama Benua Hijau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1770. Penemunya adalah seorang penjelajah berkebangsaan Inggris bernama James Cook.

Berikut karakteristik, iklim, dan daftar negara di Benua Australia:

Karakteristik Benua Australia

Letak astronomis benua Australia berada di 11°LS-47°LS dan 113°BT -155° BT. Dengan posisi tersebut, benua ini berbatasan langsung dengan laut Timor dan laut Arafuru di bagian Utara.

Sedangkan di bagian Barat berbatasan dengan Samudera Hindia, Timur dengan Samudera Pasifik, dan Selatan dengan Laut Antartika. Bentang alam benua yang memiliki luas mencapai 7.686.844 km² ini terbagi menjadi tiga, yakni bagian Timur, Tengah, dan Barat.

Pada bagian Timur, terdapat deretan gunung pemisah besar yang terdiri dari pegunungan Biru dan pegunungan Alpen Australia. Pada bagian Tengah, terdapat dataran Muray-Darling yang dialiri oleh sungai Murai dan Darling sampai ke bagian Selatan.

Terakhir, pada bagian Barat Australia, bentang alam sifatnya kering dan tandus. Bahkan, di daerah ini terdapat gurun pasir Gibson, dan Victoria. Ada juga Ayers Rock dan Uluru yang terkenal sakral oleh suku Aborigin.

Australia juga merupakan benua terkecil di dunia. Benua ini hanya ditempati satu negara dengan nama yang sama. Kawasan ini juga didiami penduduk asli bernama Aborigin yang punya senjata khas bumerang. Benua ini juga punya hewan endemik berkantung bernama kanguru.

Iklim di Benua Australia

Benua Australia memiliki beberapa iklim. Dikutip dari buku 'IPS 3B' karya Drs Anwar Kurnia, bagian Utara Australia beriklim tropis. Kemudian, bagian Barat daya dan sepanjang pantai Selatan diisi dengan iklim Subtropis.

Pantai Timur Australia beriklim laut sehingga curah hujan di daerah ini cukup tinggi sepanjang tahun. Terakhir di bagian Barat Australia yang dipenuhi dengan gurun beriklim kering dan bisa panas sekali di siang hari serta dingin sekali di malam hari.

Daftar Negara di Benua Australia

Benua Australia terdiri dari 6 negara bagian dan dua teritorial karena merupakan negara persemakmuran. Adapun, negara tersebut adalah Australia Selatan (Adelaide), Australia Barat (Perth), New South Wales (Sidney), Tasmania (Hobart), Queensland (Brisbane), Victoria (Melbourne), Teritorial Australia Utara (Darwin), dan Teritorial Australia (Canberra).

Selamat belajar Karakteristik, Iklim dan Daftar Negara di Benua Australia!

(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA