Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Sep 2020 09:19 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Negara Paling Insecure Dunia Mau Buka Diri

Bonauli
detikTravel
Terusan Panama, Large ships navigate the Panama canal
Terusan Panama (iStock)
Panama City -

Panama adalah negara indah di Amerika Selatan. Saat pandemi virus Corona, negara ini benar-benar tertutup demi mengamankan warganya.

Layaknya negara lain yang takut dengan pandemi, Panama segera locckdown untuk mengamankan warganya. Pemerintahnya benar-benar ketat dalam menegakkan peraturan di tengah pandemi.

Jam malam diberlakukan setiap harinya. Tiap orang yang hanya bisa berada di luar rumah selama dua jam per hari. Jadwalnya pun ditentukan berdasarkan nomor KTP.

Pembatasan ini berakhir pada 24 Agustus kemarin. Namun ada protokol lain yang tak kalah ketat. Jam malam diberlakukan mulai pukul 19.00-05.00 waktu setempat. Sementara itu, pada hari Minggu jam malam berlaku penuh.

Aktivitas di luar ruangan begitu diperhatikan oleh pemerintah. Siapa pun yang keluar ruangan tanpa masker akan di tahan atau didenda.

Karena banyak negara yang mulai membuka diri, Panama pun merasa terpanggil untuk mencoba. Secara resmi Pemerintah Panama akan membuka pariwisatanya mulai 12 Oktober 2020.

Setelah 6 bulan lockdown, penerbangan internasional akan kembali. Sedangkan penerbangan domestik dimulai lebih awal yaitu 28 September.

Tapi, ada syarat yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Panama agar rencana ini bisa terlaksana. Syaratnya, tempat tidur rumah sakit hanya terisi 20 persen dari kapasitas dan unit perawatan pernapasannya 15 persen serta tingkat kematian di bawah 3 persen.

Hanya saja, Panama juga belum merilis persyaratan dan tes wajib apa yang harus dilakukan oleh turis.

Sampai saat ini pelancong penting yang masuk ke Panama harus menyertakan tes PCR negatif yang dilakukan dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan. Kalau tak ada hasil tes, maka pelancong harus dikarantina wajib selama 14 hari.



Simak Video "7 Remaja di Panama Dibunuh, 5 Jenazah Ditemukan di Bunker"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA